Senin 03 Aug 2020 16:44 WIB

Yordania Minta Israel Hormati Kesucian Al-Aqsa

Israel kerap mengizinkan ekstremis Yahudi memasuki Masjid Al-Aqsa.

Rep: Kamran Dikarma/ Red: Teguh Firmansyah
Pria Muslim terus menjaga jarak sosial untuk mencegah penyebaran pandemi coronavirus selama sholat Jum
Foto: AP/Mahmoud Illean
Pria Muslim terus menjaga jarak sosial untuk mencegah penyebaran pandemi coronavirus selama sholat Jum

REPUBLIKA.CO.ID, AMMAN -- Pemerintah Yordania telah meminta Israel menghormati kesucian Masjid Al-Aqsa di Yerusalem dan status quo yang berlaku di sana. Hal tersebut disampaikan menyusul dibukanya kembali situs suci ketiga umat Islam itu setelah ditutup selama dua bulan akibat pembatasan dalam rangka pencegahan penularan Covid-19.

"Kemetnerian Luar Negeri dan Ekspatriat telah mengirim Israel, melalui saluran diplomatik, sebuah memo yang menyebut Tel Aviv sebagai kekuatan pendudukan untuk menghormati kesucian Masjid Al-Aqsa atau Al Haram Al Sharif, dan akhiri semua provokasi serta pelanggaran di sana," kata kantor berita resmi Yordania Petra dalam laporannya, dikutip laman Jerusalem Post pada Senin (3/8).

Baca Juga

Juru bicara Kementerian Luar Negeri Yordania Deifallah al-Fayez mengutuk Israel karena melakukan pelanggaran secara terus menerus terhadap Masjid Al-Aqsa. Contoh terbaru adalah dengan mengizinkan ratusan ekstremis Yahudi memasuki kompleks masjid tersebut.

Dia menegaskan bahwa Masjid Al-Aqsa adalah tempat ibadah hanya untuk Muslim. Kemudian Departemen Wakaf Yerusalem adalah satu-satunya lembaga yang bertanggung jawab untuk mengelola urusan Masjid Al-Aqsa. Departemen Wakaf Yerusalem dijalankan di bawah naungan Yordania.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement