Senin 03 Aug 2020 18:05 WIB

Pemprov Jabar Lakukan Tes Agresif di Perkantoran

Pengetesan swab Jawa Barat adalah terbanyak dari seluruh provinsi,"

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Andi Nur Aminah
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Foto: ABDAN SYAKURA/REPUBLIKA
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Angka reproduksi efektif (Rt) Covid-19 di Jabar meningkat di angka 1,05 selama sepekan terakhir. Hal itu, menurut Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, merujuk pada pengetesan masif yang terus dilakukan Gugus Tugas Jabar. Meski begitu, pihaknya berupaya menekan angka Rt hingga di bawah satu.

Menyoal uji usap (swab test) metode Polymerase Chain Reaction (PCR), Ridwan Kamil mengatakan, sudah lebih dari 160 ribu pengetesan metode PCR dilakukan di Jabar. Termasuk di beberapa institusi pendidikan kenegaraan.

Baca Juga

"Total swab test kita ini terbanyak di luar DKI Jakarta. Gabungan antara tes yang dilakukan Gugus Tugas (Jabar) dan TNI yaitu sekitar 160 ribuan. Jadi kalau diperbandingkan terhadap provinsi-provinsi lain, maka pengetesan swab Jawa Barat adalah terbanyak dari seluruh provinsi," ujar Ridwan Kamil yang akrab disapa Emil, Senin (3/8).

Emil mengatakan bahwa pihaknya saat ini fokus pada pengetesan agresif di perkantoran-perkantoran setelah ditemukan sejumlah kasus positif Covid-19. "Kita terus melakukan aggressive testing, khususnya di perkantoran pemerintahan. Perintah agresivitas tes inilah yang menemukan keterpaparan kasus di banyak tempat, ada di Gedung Sate, ada di DPRD, ada di Kejaksaan," papar Emil.

Gugus Tugas Jabar pun, kata dia, merekomendasikan kepada instansi perkantoran untuk menerapkan work from home (WFH). Menurut Emil, keterpaparan di perkantoran terjadi karena kurangnya ventilasi di ruangan, termasuk ruangan ber-AC, sehingga menjadi area yang mudah ditulari Covid-19.

"Work from home menjadi rekomendasi kami. Karena dari kasus di perkantoran, mengindikasikan agar kantor-kantor rajin membuka jendela," kata Emil.

Kasus keterpaparan di perkantoran, kata Emil, menjadi pengingat bagi masyarakat untuk lebih meningkatkan kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan. 

Pasalnya, menurut Emil, keterpaparan di perkantoran belum tentu murni terjadi di perkantoran (penularan internal). Namun, bisa disebabkan oleh perilaku karyawan yang tidak terkontrol saat berkegiatan di luar kantor (eksternal). "Belum tentu Covid-19 itu ada di kantornya, (penularan) ini bisa saja karena perilaku dari karyawan atau staf yang sepulang kantor melakukan kegiatan yang tidak terkontrol (di luar kantor)," kata Emil.

Emil juga menyampaikan kabar baik bahwa tingkat kesembuhan di Jabar terus meningkat, bahkan melebihi angka positif aktif. Tercatat hingga Senin (3/8) pukul 08.41 WIB, 3.992 orang telah dinyatakan sembuh. Sementara jumlah positif aktif yaitu 2.435 orang. Jumlah kesembuhan di salah satu institusi pendidikan kenegaraan di Kota Bandung pun sudah mencapai lebih dari 1.000 orang dari total kasus positif sebanyak 1.200 orang.

"Angka kesembuhan sekarang lebih tinggi dibanding yang (kasus) positif aktif. Yang sembuh 3.992 (orang), sementara yang aktif 2.435 (orang). Ini untuk menyemangati bahwa jumlah yang sembuh di Jawa Barat sudah jauh lebih tinggi dibanding yang sakit," katanya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement