Selasa 04 Aug 2020 09:30 WIB

UNS Salurkan Hewan Qurban 9 Sapi dan 212 Kambing

Hewan qurban UNS disalurkan ke 49 daerah di eks Karesidenan Surakarta dan Yogyakarta

Rep: Binti Sholikah/ Red: Christiyaningsih
Petugas memotong daging qurban. Hewan qurban UNS disalurkan ke 49 daerah di eks Karesidenan Surakarta dan Yogyakarta. Ilustrasi.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Petugas memotong daging qurban. Hewan qurban UNS disalurkan ke 49 daerah di eks Karesidenan Surakarta dan Yogyakarta. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO - Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo menyalurkan hewan qurban sebanyak sembilan ekor sapi dan 212 ekor kambing pada Hari Raya Idul Adha 1441 H. Hewan qurban tersebut disalurkan ke 49 daerah di eks Karesidenan Surakarta dan di Yogyakarta.

Takmir Masjid Nurul Huda UNS Ahmad Yunus menyatakan pada Idul Adha 1441 H ini, kegiatan Kurban Sampai ke Pelosok Bersama Pimpinan UNS, Takmir Masjid Nurul Huda, dan Lazis UNS berhasil dilaksanakan.

Baca Juga

"Alhamdulilah terkumpul sembilan sapi dan 212 kambing. Hewan kurban ini berasal dari pimpinan universitas, dekan, wakil dekan, ketua lembaga, kepala biro (kabiro), kepala bagian, serta dari luar yang dihimpun melalui Lazis UNS," terang Yunus seperti tertulis dalam siaran pers, Senin (3/8).

Selain disalurkan ke daerah-daerah, daging qurban juga dibagikan kepada civitas akademika UNS. "Jadi daging qurban ini kita serahkan kepada yang berhak. Di UNS, daging qurban kami berikan kepada karyawan yang membutuhkan. Di lingkungan UNS, terdapat 532 paket yang dibagikan untuk civitas akademika UNS," imbuh Yunus.

 

Rektor UNS Jamal Wiwoho mengucapkan terima kasih kepada pimpinan UNS yang telah berkurban melalui Lazis UNS. Meski dalam suasana pandemi Covid-19, pelaksanaan kurban di UNS tetap dijalankan sesuai syariat.

Menurutnya qurban merupakan ibadah yang memiliki dua makna yaitu berupa niat ketulusan dalam qurban serta memiliki makna sosial yaitu bisa berbagi kepada orang lain karena ada yang tidak bisa menikmati daging kambing atau sapi. "Semoga bapak ibu yang qurban memperoleh pahala dari Allah SWT," ujar Jamal.

Jamal manambahkan, dengan berqurban maka manusia telah melaksanakan perintah Allah SWT seperti yang tercantum dalam surah Alkautsar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement