Selasa 04 Aug 2020 11:56 WIB

Lewat Qurbanku Hasanahku, BNIS Salurkan 530 Hewan Qurban

Hewan qurban senilai Rp 4,3 miliar dibagikan di seluruh kantor cabang BNI Syariah

BNI Syariah bekerjasama dengan Yayasan Hasanah Titik (YHT) mengadakan penyaluran hewan kurban QurbanKu HasanahKu di 107 di masjid di Indonesia, salah satunya di Masjid Al Ikhlas Pelaruga - Rumah Galuh, Sei Bingei, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.
Foto: BNI Syariah
BNI Syariah bekerjasama dengan Yayasan Hasanah Titik (YHT) mengadakan penyaluran hewan kurban QurbanKu HasanahKu di 107 di masjid di Indonesia, salah satunya di Masjid Al Ikhlas Pelaruga - Rumah Galuh, Sei Bingei, Kabupaten Langkat, Sumatra Utara.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- BNI Syariah bekerjasama dengan Yayasan Hasanah Titik (YHT) mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka peringatan Idul Adha 1441 H. Melalui kegiatan ini, BNI Syariah sebagai Hasanah Banking Partner terus berkomitmen untuk dapat menebarkan hasanah dan membawa manfaat bagi seluruh mitra dan masyarakat. 

Pada tahun ini BNI Syariah menyelenggarakan empat kegiatan yaitu kegiatan pengumpulan hewan qurban karyawan BNI Syariah dan nasabah dengan nama QurbanKu HasanahKu; kemudian program reward bagi cabang dengan perolehan hewan qurban terbanyak yang disalurkan melalui BNI Syariah dengan nama Reward Hasanah. Program ini bertujuan untuk meningkatkan semangat insan hasanah BNI Syariah dalam berpartisipasi dan berlomba dalam kebaikan. 

BNI Syariah juga melakukan penyaluran hewan qurban 10 titik terluar Indonesia (Benteng Hasanah di Batas Negeri) dengan nama Qurban di Benteng Hasanah; serta Qurban atas nama Jurnalis Ekonomi Syariah (JES) di beberapa kota diantaranya Jabodetabek, Semarang, Makassar, Aceh dan Medan.

Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo berharap Qurbanku Hasanahku 1441 H bisa menjadi wadah bagi masyarakat, nasabah, maupun karyawan dalam menyalurkan hewan qurban secara tepat sasaran dan menjangkau penerima manfaat yang lebih luas. “Semoga kami dapat terus menjadi mitra yang menemani perjalanan menuju Hasanah dunia dan akhirat, Insya Allah,” kata Abdullah Firman Wibowo. 

Total hewan qurban yang disalurkan melalui BNI Syariah dalam rangka Idul Adha 1441 H kali ini lebih banyak dari tahun lalu yaitu sebanyak 530 hewan qurban dengan nilai Rp 4,26 miliar, yang terdiri dari 190 sapi/kerbau senilai Rp 3,3 miliar dan 340 kambing/domba senilai Rp 926 juta di seluruh kantor cabang BNI Syariah. 

photo
Panitia Qurban mempersiapkan pembagian hewan qurban dalam program Qurbanku Hasanahku yang diselenggarakan BNI Syariah di Masjid Baiturrahim, Pondok Kelapa, Duren Sawit Jakarta Timur. - (BNI Syariah)

Untuk menambah kemeriahan peringatan Idul Adha 1441 H, BNI Syariah juga memberikan kemudahan bagi nasabah untuk berqurban melalui Program Qurban Progressive; Program Qurban Hasanah Cicilan 0 persen selama tiga bulan dan Program Qurbanku dengan realisasi sebanyak 811 hewan kurban dengan nilai Rp 4,05 miliar.

“Seremonial pada tahun ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, disebabkan karena adanya Pandemi COVID-19. Kegiatan Qurbanku Hasanahku tahun ini diharapkan bisa mengajak masyarakat memperoleh pengalaman berhasanah melalui iconic event Idul Adha yang diselenggarakan oleh BNI Syariah,” kata Abdullah Firman Wibowo.

Terkait kondisi pandemi COVID-19, pada tahun ini seiring dengan Surat Edaran Menteri Agama RI dan Surat Edaran Kementerian Pertanian Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, pemerintah menganjurkan bahwa proses penyembelihan hewan kurban harus disesuaikan dengan prosedur dan pelaksanaan kondisi New Normal. 

QurbanKu HasanahKu dilakukan di 107 masjid yang sudah bekerjasama dengan BNI Syariah dalam kelolaan  Pelatihan Manajemen Masjid (PMM) dan masjid terdekat lokasi cabang. Periode pelaksanaan QurbanKu HasanahKu dilakukan pada 31 Juli – 3 Agustus 2020. 

Kegiatan QurbanKu HasanahKu dilakukan oleh 5 Sektor Kantor Pusat, Kantor Wilayah dan Cabang. Hewan Qurban dalam kegiatan ini disalurkan kepada kaum dhuafa/ penerima manfaat dengan menggandeng mitra masjid yang sudah bekerja sama dengan BNI Syariah seperti masjid dalam kelolaan Pelatihan Manajemen Masjid (PMM) dan atau masjid terdekat dengan lokasi BNI Syariah. 

Pelaksanaan Qurban di Benteng Hasanah dilakukan di 10 titik diantaranya Pulau Semau, Nusa Tenggara Timur; Konawe Selatan, Sulawesi Tengah; Desa Beha, Tabukan Utara, Sulawesi Utara; Singkawang Kalimantan Barat; Dusun Penyeladi, Hulu Kalimantan Barat; Desa Kudu, Kecamatan Oba Utara, Tidore, Maluku Utara; Desa Ubung, Pulau Buru Maluku; Pulau Kubung Airmas Batam; Kabupaten Aceh Jaya, Aceh; dan Pesantren Asy Syabaab Jogoroto Jombang.

Dalam pelaksanaannya, Qurbanku Hasanahku juga mengandung unsur green activity untuk kelestarian lingkungan dengan tidak menggunakan kantong plastik melainkan  penyerahan hewan kurban kembali menggunakan besek bambu.

Sebagai Hasanah Banking Partner, BNI Syariah berkomitmen untuk menjalankan Hasanah Way, yang terus menerus berusaha mengingatkan dan mengajak kearah yang lebih baik dengan niat untuk memberikan kebermanfaatan dan kebaikan (Hasanah) yang tidak terputus baik di dunia maupun akhirat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement