Rabu 05 Aug 2020 21:45 WIB

Emil Minta Forkopimda Jaga Kekompakan dan Kesehatan

Emil mengingatkan bahwa perang dalam menghadapi Covid-19 masih lama

Rep: Lilis Sri Handayani/ Red: Andi Nur Aminah
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (tengah)
Foto: Pemprov Jabar
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (tengah)

REPUBLIKA.CO.ID, CIREBON -- Para kepala daerah yang ada di Jabar diminta untuk senantiasa menjaga semangat dan kekompakan. Perekonomian juga diperkuat sehingga memulihkan perekonnoomin daerah. "Jaga semangat dan kesehatan mental dan fisik. Forkopimda juga harus kompak dan saling mengingatkan," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, saat melakukan rapat dengan Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19, di Kota Cirebon, Rabu (5/8).

Pria yang akrab disapa Emil itu mengungkapkan, perang dalam menghadapi Covid-19 masih lama. Walaupun vaksin saat ini tengah diuji coba, namun kemungkinan baru bisa digunakan seluruh masyarakat sekitar enam hingga tujuh bulan lagi.

Baca Juga

Emil juga mengingatkan agar pemerintah daerah semakin menggalakkan penggunaan makser. Pasalnya, masker bisa melindungi warga dari penyebaran Korona. "Dari hasil penelitian, menggunakan masker itu sama dengan melakukan lockdown," tukas Emil.

Bedanya, lockdown menimbulkan beragam dampak hingga resesi ekonomi. Sedangkan jika menggunakan masker, orang tetap bisa beraktivitas.

 

Panduan untuk menggunakan masker juga telah diatur dalam peraturan gubernur, yang juga mengatur sanksi. Sanksi disesuaikan dengan kondisi yang terjadi di lapangan, bisa berupa sanksi sosial maupun denda.

Dalam masa adaptasi kebiasaan baru, Emil juga meminta kepada pemerintah daerah untuk kembali menguatkan ekonomi berdasarkan ciri khasnya masing-masing. Untuk Kota Cirebon, diminta memperkuat sektor pariwisata. Sedangkan untuk Kabupaten Cirebon, diminta untuk memperkuat sektor pertanian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement