Rabu 05 Aug 2020 21:57 WIB

4 Keutamaan Sholat Malam yang Jadi Kebiasaan Orang Saleh

Sholat malam merupakan kebiasaan orang-orang saleh terdahulu.

Sholat malam merupakan kebiasaan orang-orang saleh terdahulu. Sholat tahajud/ilustrasi
Sholat malam merupakan kebiasaan orang-orang saleh terdahulu. Sholat tahajud/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, Sholat malam sangat tinggi kedudukannya di mata Allah SWT. Rasulullah SAW tak pernah melewatkan waktu malamnya untuk bermunajat sebagai ungkapan rasa syukur atas keistimewaan yang diberikan Allah SWT kepadanya.

Terdapat beberapa keutamaan sholat malam. Di antaranya, pertama, merupakan sholat sunnah yang paling utama setelah sholat fardu. Rasulullah SAW bersabda: 

Baca Juga

 أَفْضَلُ الصَّلَاةِ، بَعْدَ الصَّلَاةِ المَكْتُوبَةِ، الصَّلَاةُ في جَوْفِ اللَّيْلِ

''Sholat yang paling utama setelah sholat fardu adalah sholat yang dilakukan di keheningan malam.'' (HR Muslim, Tirmidzi, dan Nasa'i).

Kedua, sholatnya orang-orang yang baik dan saleh. Rasulullah SAW bersabda, ''Semoga Allah menjadikan kalian dapat melaksanakan sholat seperti sholat yang dilaksanakan oleh orang-orang yang baik. Mereka melaksanakan sholat pada malam hari dan berpuasa pada siang hari. Mereka tidak termasuk bagian dari penguasa dan orang-orang yang durjana.'' (HR Bukhari).

Ketiga, kebiasaan orang-orang yang saleh dan sarana melebur dosa serta mencegah penyakit.

عليكمْ بقيامِ الليلِ فإنَّه دأبُ الصالحينَ قبلكمْ، و قربةٌ إلى اللهِ تعالى، و منهاةٌ عنِ الإثمِ، و تكفيرٌ للسيئاتِ، و مطردةٌ للداءِ عنِ الجسدِ

"Hendaklah kalian menjalankan sholat malam karena ia merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelum kalian. Ia merupakan sarana mendekatkan diri kepada Tuhan, pelebur kejelekan, pencegah dosa, dan pengusir penyakit.'' (HR Ath-Thabrani dan Al Hakim).

Keempat, kemuliaan orang beriman. Rasulullah SAW bersabda, ''Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, sesungguhnya kamu akan mati. Cintailah siapa saja yang kamu kehendaki, sesungguhnya kamu akan berpisah dengannya. Dan, berbuatlah sesukamu, sesungguhnya kamu akan mendapat balasan atas perbuatan itu.''

Lalu, ia berkata, ''Wahai Muhammad, kemuliaan orang yang beriman terletak pada sholat malam. Kemuliaannya jika terletak pada terlepasnya ia dari ketergantungan terhadap manusia.'' (HR Ahmad, Ibnu Khuzaimah, dan Baihaqi).

Begitu besarnya keutamaan sholat malam. Namun, untuk bisa melaksanakannya dibutuhkan kemauan kuat dan niat tulus supaya tak menjadi beban saat menunaikannya. Betapa pun beratnya, hendaklah kita mengikuti jejak orang-orang saleh yang selalu men-dawam-kan sholat malam. Mudah-mudahan kita termasuk golongan para pecinta sunah Rasul SAW. 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement