9 Rabiul Awwal 1442

9 Situs Peninggalan Peradaban Islam di India

Kamis , 06 Aug 2020, 19:06 WIB Reporter : Febryan A/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
9 Situs Peninggalan Peradaban Islam di India. Taj Mahal
9 Situs Peninggalan Peradaban Islam di India. Taj Mahal

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Peletakkan batu pertama pembangunan Pura Hindu Ram di Kota Ayodhya, Negara Bagian Uttar Paradesh, oleh Perdana Menteri India Narendra Modi, telah menyulut kontroversi. Pura itu dibangun di atas lahan Masjid Babri, yang dihancurkan oleh kelompok Hindu garis keras pada 1992 silam.

 

Tindakan itu bakal menghapuskan peninggalan peradaban Islam di India. Padahal, sejumlah peninggalan peradaban Islam adalah destinasi wisata utama di India. Taj Mahal, misalnya, yang dibangun oleh Sultan Shah Jahan, telah menjadi ikon wisata India.

Taj Mahal bukanlah satu-satunya situs wisata Islam di India. Melansir situs Mulsimtravelgirl, Kamis (6/8),  terdapat 9 destinasi wisata religi Islam di India yang banyak dikunjungi.

Pertama, Masjid Jama di Delhi.

Masjid berkapasitas 25 ribu jamaah ini adalah yang terbesar di India. Masjid Jama didirikan pada pertengahan abad ke-17 oleh Sultan Shah Jahan dari Kesultanan Mughal. Kini setiap tahunnya, masjid ini dikunjungi jutaan Muslim maupun non-Muslim dari berbagai penjuru India maupun dunia.

Kedua, Taj Mahal di Agra.

Bangunan megah berwarna putih ini berlokasi di tepi sungai Yamuna. Dibangun oleh Shah Jahan pada pertengahan abad ke-17 untuk mengenang mendiang istrinya, Taj Mahal adalah peninggalan arsitektur Islam terbaik di India. Terdapat pula desain dan kaligrafi Quran di dinding Taj Mahal.

Ketiga, Masjid Jummah di Ahmedabad.

Masjid Jummah merupakan masjid kuno karena dibangun pada abad ke-15 di masa kepemimpinan Ahmad Shah I dari Kesultanan Gujarat. Meski sudah berusia tua dan dibangun dengan batu pasir kuning, masjid itu kini masih berdiri kokoh. Keunikan masjid ini adalah 200 pilar berukir unik yang menyangga bangunan itu.

Keempat, Masjid Haji Ali Dargah di Mumbai.

Jauh dari hiruk pikuk kota, masjid Haji Ali Dargah di Mumbai menawarkan pengalaman ibadah yang berbeda. Terlebih, masjid ini terletak di lepas pantai dengan kubah dan menara putihnya yang mempesona. Deburan ombak dan hembusan angin laut memberikan suasana ketenangan dan kekhusyukan ketika beribadah.

Kelima, Istana Tipu Sultan di Bangalore.

Istana ini cukup unik lantaran dibuat dari kayu jati. Struktur kayu dengan ukiran, lengkungan dan balkon yang dirancang secara artistik, pilar hiasan, taman yang rimbun, artefak yang dipamerkan dan semua yang ada di istana ini pasti membuat orang terkagum.

Keenam, Istana dan Kebun Mysore di Mysuru.

Istana Mysore memiliki arsitektur yang mempesona karena interiornya dihiasi dengan batu yang disusun sehingga terlihat artistik, lengkungan kayu, dan lukisan tua sebagai pemanis. Pada malam hari, istana ini disinari dengan serangkaian lampu yang berwarna-warni. Selain istana, terdapat juga kebun binatang Mysore yang terawat dengan baik.

Ketujuh, Masjid Charminar di Hyderabad.

Masjid empat menara ini adalah pintu masuk menuju Kota Hyderabad. Dekorasi plesterannya yang rumit dan struktur simetris yang unik menjadikan monumen ini contoh arsitektur Islam tradisional.

Kedelapan, Backwaters Kerala di Negara Bagian Kerala.

Kerala terkenal karena cuacanya yang menyenangkan, pemandangan yang indah, tempat-tempat suci, pantai, danau, air terjun, dan pegunungan hijau yang subur. Tak hanya itu, di Kerala juga terdapat banyak masjid yang indah, salah satunya adalah Masjid Beema Pally di Trivandrum.

Kesembilan, Tamil Nadu.

Tamil Nadu adalah negara bagian di selatan India. Di sini terdapat banyak masjid dan juga kota Muslim kuno.

 

 

widget->kurs();?>