Selasa 11 Aug 2020 00:08 WIB

Pemerintah Kebbi Lantik Panitia Pengembalian Setoran Haji

Komite juga akan memastikan pengembalian uang yang disimpan ke Komisi Haji Nigeria

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Pemerintah Kebbi Lantik Panitia Pengembalian Setoran Haji (ilustrasi).
Foto: AFP
Pemerintah Kebbi Lantik Panitia Pengembalian Setoran Haji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,BIRNIN KEBBI -- Menyebarnya pandemi Covid-19 menyebabkan jamaah haji dari luar negeri tidak bisa melanjutkan rencananya di tahun ini. Beberapa negara lantas mengeluarkan kebijakan mengembalikan biaya haji atau setoran jamaah.

Gubernur Negara Bagian Kebbi, Nigeria, Senator Abubakar Bagudu, meresmikan sebuah komite yang bertugas mengawasi pengembalian uang simpanan kepada jamaah yang terkena dampak.

Dilansir di This Day Live, Selasa (10/8), menurut dokumen yang ditandatangani Sekretaris Pemerintah Negara Bagian, Babale Umar Yauri, kerangka acuan tugas komite ini termasuk memastikan pengembalian uang yang dikumpulkan dari calon jamaah, yang tidak dapat melakukan latihan haji 2020 karena Covid-19.

Komite juga akan memastikan pengembalian uang yang disimpan ke Komisi Haji Nasional Nigeria (NAHCON) oleh Dewan Kesejahteraan Peziarah negara bagian.

Komite buatan Negara Bagian Kebbi selanjutnya memiliki waktu dua minggu untuk menyelesaikan tugasnya. Setelahnya, ia wajib menyerahkan laporan kepada pemerintah negara bagian.

Alhaji Haruna Abubakar Maitandu didapuk menjadi ketua komite. Sedangkan Garba Salis Hamis, Liman Usman Suru, Lawal Mai Kwalla, Abubakar Atiku Alaramma dan Zayyanu Shehu Sanka adalah anggota komite tersebut.

Selain nama-nama di atas, beberapa nama dari instansi lain juga diberikan tanggung jawab serupa. Mereka adalah Komando Polisi Negara Bagian Kebbi, SP Aminu Sadid; perwakilan dari Department of State Services (DSS), Fahad Muktar; dan Plt Direktur Exco, Kabiru Hassan Wasagu, akan menjabat sebagai sekretarisnya. 

 

Sumber: https://www.thisdaylive.com/index.php/2020/08/07/kebbi-gov-inaugurates-committee-to-refund-hajj-deposits-to-pilgrims/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement