Selasa 11 Aug 2020 00:38 WIB

Kemenag Aceh Tinjau Bakal Lahan Hibah untuk Asrama Haji

Ke depannya Asrama Haji Aceh mampu menampung kapasitas jamaah lebih banyak lagi.

Rep: Zahrotul Oktaviani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Kemenag Aceh Tinjau Bakal Lahan Hibah untuk Asrama Haji (ilustrasi).
Kemenag Aceh Tinjau Bakal Lahan Hibah untuk Asrama Haji (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Kakanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Aceh, Iqbal, melakukan peninjauan lokasi persiapan lahan untuk Asrama Haji Aceh. Peninjauan dilakukan bersama Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Arijal, Kabag TU Amiruddin dan jajaran, Rabu (5/8).

Peninjauan yang digelar bersama Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, dan Kepala UPT Asrama Haji Aceh, Ali Amran, ini berlangsung di kawasan Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar.

Kakanwil Kemenag Aceh mengapresiasi dan berterima kasih atas perhatian yang luar biasa dari Pemerintah Aceh terhadap pembangunan asrama haji demi kepentingan umat. Pemerintah Aceh disebut langsung merespon untuk pembebasan lahan.

Saat meninjau persiapan lahan yang akan dihibahkan untuk pengembangan dan pembangunan asrama haji, Nova mengatakan dukungannya atas perluasan UPT Asrama Haji Embarkasi Aceh. Nantinya, secara langsung manfaat akan dirasakan oleh masyarakat Aceh.

 

“Kita menginginkan pelayanan terhadap jamaah haji Aceh, dengan kuota lebih dari 4.000 pertahun, dapat maksimal dan terlayani dengan sebaik mungkin," kata Nova dalam keterangan yang didapat Republika, Senin (10/8).

Ia juga menyebut ingin memberikan pelayanan yang prima bagi jamaah, sejak pemberangkatan hingga pemulangan. Saat ini, asrama haji memberi manfaat lain dengan menampung pasien Covid-19.

Plt Gubernur mengharapkan, ke depannya Asrama Haji Aceh mampu menampung kapasitas jamaah lebih banyak lagi. Tak ketinggalan, Nova juga memberikan saran terkait desain asrama haji. "Kita pastikan memiliki nilai estetika dan modern,” ucapnya.

Pada kesempatan itu, Plt Gubernur bersama Kakanwil dan Kabid PHU Kemenag Aceh juga melihat desain roadmap rencana pembangunan asrama haji di lokasi peninjauan lahan.

Saat ini, lokasi Asrama Haji Aceh berada di kawasan kota. Tepatnya di Jalan T Nyak Arief Gampong Prada dan Gampong Kota Baru Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. 

Sementara, persiapan lahan hibah yang bakal dibangun asrama unit dua itu berada sekitar 15 km dari pusat kota. Tetapi, wilayah ini berdekatan dengan gerbang jalan tol Sigli-Banda Aceh (Sibanceh) dan Bandara Sultan Iskandar Muda (SIM) Blang Bintang Aceh Besar. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement