Jumat 14 Aug 2020 08:21 WIB

Gunung Shada: Geologi Unik dengan Gua Berusia 3.000 Tahun

Arab Saudi gencarkan gunung.

Wisata Gunung Shada Arab Saudi
Foto: Saudigazette
Wisata Gunung Shada Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, -- Perjalanan ke Gunung Shada yang lebih rendah di wilayah Al-Baha merupakan pengalaman yang mengasyikkan dan memikat bagi semua wisatawan, terutama pendaki gunung.

Gunung ini terkenal dengan gua granitnya yang luas, yang digunakan oleh penduduk sebagai tempat tinggal mereka, ribuan tahun yang lalu. Ini terbukti dalam gambar dan prasasti Thamud dan Saba yang terukir yang berasal dari 3.000 tahun yang lalu di gua-gua gunung yang terletak di Provinsi Al-Makhwah di sektor Tihama di wilayah Al-Baha.

Dikutip dari Saudigazette, formasi geologis yang unik di gunung ini telah menjadi salah satu tempat wisata terindah di bagian selatanArab Suadi dan mungkin di Timur.

Batuan granit yang luar biasa telah terbentuk di atas salah satu gunung yang paling keras di daerah dengan keanekaragaman flora terbesar di wilayah tersebut.

Banyak dari bebatuan dan gua ini terbentuk dalam bentuk yang aneh dan unik dan dapat ditemukan dalam bentuk beberapa hewan, manusia, atau burung dan formasi aneh lainnya. Arsitektur gua yang menakjubkan tampak seperti bangunan yang diukir dari perawatan.

Banyak penduduk pegunungan saat ini yang masih menggunakan gua-gua ini sebagai rumah mereka, bahkan beberapa di antaranya telah dikembangkan hingga saat ini menjadi tempat wisata bagi pengunjung dari seluruh dunia.

Gua-gua besar yang indah ini terbentuk oleh erosi geologi selama jutaan tahun, meninggalkan rongga berbentuk bola, persegi panjang atau oval, yang ukurannya berbeda dari satu batuan ke batuan lainnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement