5 Safar 1442

Shada, Gunung Arab Saudi dengan Gua Granit 3.000 Tahun 

Jumat , 14 Aug 2020, 15:03 WIB Reporter :Febryan. A/ Redaktur : Ani Nursalikah
Gunung Shada di Al-Baha, Sektor Tihama, Provinsi Al-Makhwah, Arab Saudi, terkenal dengan gua granitnya yang luas. Kawasan ini merupakan destinasi wisata di Arab Saudi.
Gunung Shada di Al-Baha, Sektor Tihama, Provinsi Al-Makhwah, Arab Saudi, terkenal dengan gua granitnya yang luas. Kawasan ini merupakan destinasi wisata di Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, AL-BAHA -- Gunung Shada di Al-Baha, Sektor Tihama, Provinsi Al-Makhwah, Arab Saudi, terkenal dengan gua granitnya yang luas. Gua-gua di sana sudah dimanfaatkan penduduk setempat sebagai tempat bermukim sejak ribuan tahun yang lalu.

 

Baca Juga

Hal ini terbukti dengan adanya sejumlah ukiran dalam bentuk gambar dan prasasti Thamud dan Saba di gua tersebut. Ukiran itu diyakini telah dibuat sejak 3.000 tahun yang lalu.

Melansir Saudi Gazette, Jumat (14/8), kini masih terdapat beberapa penduduk yang menetap di gua-gua tersebut. Sebagian rumah gua itu kini juga jadi objek wisata bagi turis dari seluruh dunia.

Menurut laporan Saudi Press Agency, ketertarikan wisatawan bukan hanya karena gua, tapi juga karena uniknya formasi geologis Gunung Shada. Gua-gua besar itu terbentuk akibat erosi geologi selama jutaan tahun sehingga meninggalkan rongga berbentuk bola, persegi panjang atau oval. Ukurannya berbeda satu sama lainnya.

Terdapat pula batuan granit yang berdiri kukuh di di beberapa puncak Gunung Shada. Sejumlah batu besar itu juga berbentuk unik. Ada yang mirip hewan, manusia, dan burung.

https://saudigazette.com.sa/article/596600/SAUDI-ARABIA/Shada-Mountain-A-unique-geological-formation-with-3000-year-old-caves

 

 

widget->kurs();?>