Jumat 14 Aug 2020 13:22 WIB

Orang Tua dan Siswa Terbantu Wi-Fi Gratis di Kelurahan

Kelurahan Kuningan Barat sediakan layanan wifi gratis bagi siswa yang ingin belajar.

Rep: Shabrina Zakaria/ Red: Erik Purnama Putra
Kelurahan Kuningan Barat, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan menyediakan akses wi-fi gratis bagi siswa sekolah.
Foto: Shabrina Zakaria
Kelurahan Kuningan Barat, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan menyediakan akses wi-fi gratis bagi siswa sekolah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Orang tua siswa mensyukuri fasilitas wi-fi gratis yang disediakan Kelurahan Kuningan Barat, Kecamatan Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, di halaman kantor kelurahan. Beban seperti lemahnya jaringan dan mahalnya kuota pun berkurang.

Salah seorang warga RW 05 Kelurahan Kuningan Barat, Wina (36 tahun), mengaku, memanfaatkan wi-fi gratis ini untuk keperluan belajar anaknya. Sebelumnya, dia harus membeli paket data seharga Rp 65 ribu dalam tiga hari sekali.

“Apalagi saya cuma ada handphone satu untuk anak tiga. Setiap anak tugasnya banyak, terutama prakarya yang harus nonton dari link Youtube dulu,” kata Wina mengeluh, yang saat itu mengawasi ketiga putrinya belajar di kantor kelurahan, Jumat (14/8).

Jaringan yang terkadang lemah juga membuat ketiga putrinya terlambat mengumpulkan tugas. Sejak memanfaatkan fasilitas wi-fi gratis ini, Wina menyebut, tugas ketiga putrinya bisa dikerjakan lebih cepat dan terkendali. “Anaknya jadi lebih semangat, apalagi kalau prakarya dibantu sama petugas dari sini,” tuturnya.

Wina mendapatkan informasi mengenai wi-fi gratis dari suaminya yang juga bekerja di kantor kelurahan. Kini, setiap pagi Wina membawa ketiga putrinya ke kantor Kelurahan Kuningan Barat, demi memperlancar pendidikan jarak jauh (PJJ).

Novi (12 tahun), siswa sekolah dasar yang berdomisili di sekitar kantor kelurahan juga turut memanfaatkan fasilitas wi-fi gratis. Bersama temannya, Novi berjalan kaki ke kantor kelurahan dan belajar matematika bersama. “Lumayan terbantu,” kata Novi sambil malu-malu.

Lurah Kuningan Barat, Agus Muharam mengatakan, fasilitas jaringan internet nirkabel sudah disediakan sejak Rabu (12/8). Dia menjelaskan, fasilitas ini terus diadakan selama masih dibutuhkan oleh masyarakat. “Mudah-mudahan terus bermanfaat ke depannya,” ujar Agus ketika ditemui di kantor Kelurahan Kuningan Barat pada Jumat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement