Ahad 16 Aug 2020 21:48 WIB

Tak Ada Pengibaran Bendera Merah Putih di Puncak Merbabu

Puncak gunung berketinggian 3.145 meter itu masih tertutup bagi aktivitas pendakian.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Andi Nur Aminah
Gunung Merbabu
Foto: efenerr.wordpress.com
Gunung Merbabu

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75 kali ini dipastikan tidak ada prosesi pengibaran Sang Saka Merah Putih di puncak Merbabu. Pasalnya puncak gunung berketinggian 3.145 meter tersebut masih tertutup bagi aktivitas pendakian.

Seperti halnya peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun-tahun sebelumnya, pengibaran bendera negara di puncak gunung Merbabu, jamak dilakukan oleh para pecinta alam maupun para pendaki gunung. Namun ‘ritual’ tersebut sementara tidak dapat dilakukan.

Baca Juga

“Gunung Merbabu masih ditutup untuk aktivitas pendakian, sehingga tidak ada pengibaran bendera Merah Putih di puncak,” ungkap Koordinator Komunitas Pecinta Alam (KPA) Pinoes, Suryo Sigit saat dikonfirmasi, Ahad (16/8).

Ia mengatakan, gunung Merbabu memang masih tertutup untuk berbagai aktivitas pendakian terhitung sejak bulan Maret 2020 lalu.

 

Otoritas Balai Taman Nasional Gunung Merbabu (BTNGMb) mengeluarkan kebijakan tersebut guna menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah Nomor 440/0005942 tertanggal 14 Maret 2020 tentang Peningkatan Kewaspadaan terhadap Risiko Penularan Infeksi Corona Virus Disease (Covid-19).

“Sehingga seluruh jalur pendakian gunung Merbabu, baik yang berada di wilayah Kabupaten Semarang, Kabupaten Magelang serta Kabupaten Boyolali tertutup bagi segala aktivitas pendakian,” ungkap Suryo Sigit.

Terkait hal tersebut, lanjutnya, seluruh bsecamp (gerbang) pendakian di gunung Merbabu bersama dengan BTNGMb maupun stakeholder terkait telah berkoordinasi dan melakukan sosialisasi. Termasuk dengan belum dibukanya aktivitas pendakian pada malam peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-75, kali ini, yang biasanya jamak dilakukan para pendaki maupun pecinta alam untuk memeringati detik-detik Proklamasi di puncak Merbabu.

 “Sosialisasi telah dilakukan baik melalui media sosial maupun di tiap-tiap basecamp pendakian atau gerbang jalur pendakian gunung Merbabu, baik yang ada di wilayah Kecamatan Getasan, Pakis, Selo maupun Kecamatan Ampel,” ungkapnya.

Masih dalam rangka memeringati HUT Kemerdekaan RI ke-75, dia mengatakan, KPA Pinoes Kecamatan Getasan bakal menggelar kegiatan pengibaran bendera Merah Putih, di tebing Kopeng.

“Kegiatan pengibaran ini bendera Merah Putih di tebing Kopeng ini bakal melibatkan anggota KPA Pinoes dan dilaksanaan bertepatan dengan detik-detik Proklamasi pada Senin (17/8) besok,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement