Senin 17 Aug 2020 04:30 WIB

Presiden Pimpin Upacara dan Renungan Suci di TMP Kalibata

Presiden pimpin upacara dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan Kalibata.

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)
Foto: Republika/Edi Yusuf
Presiden RI Joko Widodo (Jokowi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara apel kehormatan dan renungan suci yang digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta. Renungan suci dalam rangka peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI berlangsung selama lebih kurang 20 menit.

"Dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan RI yang ke-75 kami yang hadir hari ini Senin tanggal 17 Agustus 2020 pukul 00.00 WIB pada upacara mengenang arwah dan jasa pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di Taman Makam Pahlawan ini," kata Presiden.

Baca Juga

Jokowi membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci tersebut. Upacara kemudian dilanjutkan dengan penyalaan obor dan pembacaan doa oleh Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi yang mengajak semua pihak berdoa agar wabah corona segera berlalu.

Apel kehormatan dan renungan suci berlangsung dengan khidmat selama sekitar 20 menit. Sebelum meninggalkan lokasi apel kehormatan, dilakukan penghormatan terakhir terhadap arwah para pahlawan.

Pada sekitar pukul 00.25 WIB, Presiden Jokowi didampingi Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin dan sejumlah pejabat dan menteri Kabinet Indonesia Maju meninggalkan Taman Makam Pahlawan Kalibata.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement