Selasa 18 Aug 2020 10:50 WIB

Lagu Para Penunggang Unta: Kisah Ganasnya Gurun Pasir

Kisah Ganasnya Kawasan Gurun Pasir

REPUBLIKA.CO.ID, Bulan Juni lalu pemerintah Arab Saudi khususnya dan negara-negara kawasan mediterania berusaha memasukan lagu para penunggang atau pengembala unta sebagai Warisan Dunia Tak Benda bagi Kemanusiaan tahun 2021. Ini karena lagu itu termasuk salah satu bentuk nyanyian tertua dan telah tersebar luas sepanjang zaman di kawasan gurun mediterania.

Lagu ini dinamakan 'Ghna'a Al-Rukban, musik para pengendara dalam bahasa Arab. Dan jenis ini masuk adalah genre musik tertua di Arab. Itu muncul berabad-abad sebelum munculnya Islam dan melambangkan hubungan dekat antara unta dan penggembala.

Lagu ini dalam beberapa nama, termasuk bentuk nyanyian yang dikenal sebagai Al-Hida'a atau Al-Huda'a, yang mengambil namanya dari "hadi", penunggang unta atau penggembala. Irama lagu ini dikenal lebih dari sekadar sarana untuk membuat unta bergerak lebih cepat atau merangsang kawanannya untuk berkumpul di sekitar hadi saat dia bernyanyi. Ini juga bertindak sebagai bentuk hiburan bagi pengemudi dan untanya dan mengisi waktu mereka saat mereka melakukan perjalanan jauh melintasi gurun pasir kosong di Jazirah Arab.

Menurut sebuah lembaga pemelihara peninggalan budaya di Arab Saudi (The Saudi Heritage Preservation Society/SHPS), bentuk nyanyian ini adalah salah satu bentuk ekspresi verbal terpenting yang dipraktikkan di Jazirah Arab. Hal serupa dipraktikkan di mana pun di dunia di mana unta berada. Dan tak hanya Saudi, lagu ini juga didaftarkan ke Unesco bersama dengan negara UEA dan Oman.

“Arti penting Al-Hida'a bersumber dari cerminan kreativitas manusia dalam berkomunikasi dengan komponen lingkungan tempat tinggal manusia. Melalui seni ini, manusia dapat menemukan cara untuk berkomunikasi secara efektif dengan unta," kata Dr Sultan Al-Saleh, direktur departemen pusaka di SHPS.

Arab Saudi berinisiatif mengajukan proposal ke UNESCO “karena Al-Hida'a adalah tradisi bersama di antara beberapa budaya dan masyarakat di wilayah tersebut. "Banyak negara diundang untuk berpartisipasi dan UEA serta Oman adalah dua yang bersedia untuk ambil bagian, ”kata Al-Saleh kepada Arab News.

Namun, setiap negara peserta akan menyiapkan bentuk lagu terpisah yang berfokus pada praktik warisan ini di komunitas mereka sendiri. Berbagai bentuk lagu itu akan digabungkan nanti.

“Tim kami telah mencari dan bertemu dengan praktisi seni ini dan mendokumentasikan praktik, narasi, dan pengetahuan mereka tentang tradisi ini dengan menggunakan sarana visual dan tertulis,” kata Al-Saleh. “Ini adalah pendekatan terbaik di awal perjalanan dokumentasi apa pun.”

Arab Saudi mengharapkan Al-Hida'a masuk dalam Daftar Perwakilan Warisan Takbenda Manusia UNESCO pada akhir tahun 2021. "Tetapi proses dokumentasi dari tradisi ini terus berlanjut dan terus diperbarui oleh para peneliti SHPS," kata Al-Sultan.

Daftar UNESCO mengklasifikasikan komponennya ke dalam lima kategori; Al-Hida'a termasuk dalam tradisi dan ekspresi lisan. “Warisan lisan ditularkan antargenerasi secara lisan melalui narasi dan anekdot, sehingga banyak dari unsur-unsurnya yang mungkin hilang jika tidak didokumentasikan,” kata Al-Saleh.

Sebagai mitra resmi Pusat Warisan Dunia UNESCO, SHPS mengikuti metodologi yang diadopsi dalam mendokumentasikan warisan budaya takbenda.

Al-Saleh mengatakan, yang menambah keindahannya adalah kenyataan bahwa nyanyian Al-Hida'a bervariasi sesuai dengan tempat tinggal manusia dan unta, “Misalnya, tim kami telah mengunjungi berbagai daerah di Suadi di mana tempat seni ini dipertunjukkan dan menemukan perbedaan besar pada pilihan kata, melodi yang digunakan, dan gaya, ”katanya.

Unta adalah simbol khas gurun dan Timur Tengah, di mata banyak orang Arab, dan merupakan makhluk yang sangat cantik. Unta telah memainkan peran sentral dalam perkembangan sejarah masyarakat Arab. Antropolog Saudi, Saad Al-Suwaiyan, pun mendedikasikan buku yang kini sudah sampai volume keenam dari seri “Budaya Tradisional Arab Saudi” . Di sana ditulis bila hewan ini bernilai sangat signifikan dalam budaya Saudi pada berbagai tingkatan, termasuk bahasa, budaya, seni, dan nyanyian.

Al-Hida'a dikatakan berasal dari masa di mana seorang pengendara unta jatuh dari unta dan lengannya patah. Ceritanya berlanjut ketika dia berteriak, “Oh tanganku! Oh tanganku!" suaranya membuat unta mengelilinginya dan mengikutinya tanpa usaha.

Para pengemudi unta lalu menyadari efek bernyanyi pada unta sebagai cara yang lebih mudah dan ramah untuk memimpin kawanan mereka. Hal ini menyebabkan pengecualian tindakan pemaksaan lainnya, seperti memukul atau menusuk perut hewan.

Beberapa buku sejarah mengatakan bahwa pria dalam cerita yang menjadi "hadi" pertama adalah kakek buyut Nabi Muhammad ke-17, Mudhar bin Nizar. Orang Arab kemudian mewarisi tradisi; Ini dimulai dengan menggunakan kata-kata yang biasanya tidak dapat dipahami untuk memimpin kawanan unta, tetapi berkembang seiring waktu sebagai bentuk puisi yang terstruktur pada meteran rajaz dalam irama ritmis yang disukai unta.

Uniknya bila mendengar lagu ini, unta-unta itu tiba-tiba akan menundukkan kepala mereka, meregangkan leher mereka dan dengan kecepatan yang lebih panjang bergerak maju sambil merenung selama lagu itu berlangsung. Konon ritme yang digunakan sesuai dengan irama mengangkat dan menurunkan kaki unta.

Tak hanya itu, dalam syair atau puisi Al-Hida'a juga membahas topik-topik seperti kebanggaan, cinta, persahabatan, dan perang. Itu juga memiliki gaya atau nada yang berbeda berdasarkan acara dan dipengaruhi oleh kehidupan yang keras di gurun. Orang Arab biasa menyanyikan lagu-lagu kepulangan Al-Hida'a dan lagu-lagu lain untuk merayakan mencapai sumur air, sumber dasar kehidupan.

Selain itu, bentuk seni disebutkan dalam banyak teks penting oleh penulis Arab dan Muslim. Misalnya, dalam bukunya "Kebangkitan Ilmu Agama", sarjana Muslim Abu Hamid Al-Ghazali menyebutkan tradisi Al-Hida untuk memperdebatkan dibolehkannya musik dan mempertahankan pengalaman naluriah tentang ekstasi yang berkaitan dengannya.

Al-Ghazali menulis, “Dan unta, terlepas dari kebodohannya di alam, merasakan efek lagu mengemudi sedemikian rupa sehingga, setelah mendengarnya, dia menghitung beban berat ringan, dan, dengan kekuatan kesigapannya melalui mendengarkannya, menjaga jarak yang pendek; kesigapan seperti itu muncul dalam dirinya karena memabukkan dan mengalihkan perhatiannya.

Kemudian, saat gurun semakin panjang bagi mereka dan kelelahan serta keletihan di bawah beban dan beban menyelimuti mereka, kapan pun mereka mendengar seseorang menyanyikan lagu untuk mengajak minum, Anda akan melihat bagaimana para unta menjulurkan leher dan memperhatikan penyanyi dengan telinga tegak, dan mempercepat langkah mereka sampai beban dan beban mengguncang mereka. Bahkan, saking semangatnya seringkali para unta itu malah bunuh diri karena bergerak diluar kekuatan langkah dan beban bebannya, sementara mereka tidak melihatnya melalui kesigapan. "

Selain itu, pendiri Arab Saudi, Raja Abdulaziz Al-Saud sendiri, adalah seorang penyair dan menulis banyak puisi dengan gaya Al-Hida'a. Dia bercerita dan mengungkapkan pikiran dan perasaan yang dia alami melalui pertempurannya mempersatukan negara, puisi yang tetap menjadi sumber hidup sejarah lisan negara ini melalui lagu ini.

Selain itu, banyak artis kontemporer yang membawakan lagu-lagu yang merayakan warisan Arab ini, seperti kolaborasi antara penyanyi Tunisia Thekra dan artis Libya Mohamed Hassan, di mana mereka mencoba mendokumentasikan nyanyian gurun melalui alat musik modern, yang paling terkenal dalam lagu “Hida'a Al-Ebel. ”

Artis lain juga menampilkan tradisi ini dalam lagu mereka: "Ya Jammal" oleh mendiang penyanyi Palestina Rim Banna, musisi Lebanon Marcel Khalifah menyanyikan "Ya Hadi Al Eys," sebuah puisi oleh Mahmoud Darwish, atau penyanyi Suriah Sabah Fakhri menampilkan Mohammed Abul- Puisi Qasim "Ya Had Al Eys."

Saat ini, Al-Hida'a masih dipraktikkan untuk mengontrol unta di berbagai negara. Namun bentuk nyanyian ini juga ada dalam gaya yang lebih rumit dalam bentuk puisi yang didedikasikan untuk acara-acara seperti pernikahan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement