Selasa 18 Aug 2020 17:11 WIB

Alternatif Doa yang Bisa Dibaca untuk Terbebas Lilitan Utang

Terdapat alternatif doa yang bisa dibaca agar terhindar dari jeratan utang.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Nashih Nashrullah
Terdapat alternatif doa yang bisa dibaca agar terhindar dari jeratan utang. Memberi uang, dan membayar hutang (ilustrasi).
Foto: Republika/Musiron
Terdapat alternatif doa yang bisa dibaca agar terhindar dari jeratan utang. Memberi uang, dan membayar hutang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, Seorang Muslim yang ingin terbebas dari utang dapat memanjatkan doa agar dapat melunasi hutangnya.

Dikutip dari buku Bekal Haji karya Ustaz Firanda Andirja, Bab Zikir dan Doa, berikut doa yang dapat diamalkan: اَللَّهُمَّ اكْفِنِيْ بِحَلاَلِكَ عَنْ حَرَامِكَ وَأَغْنِنِيْ بِفَضْلِكَ عَمَّنْ سِوَاكَ 

Baca Juga

Allaahummakfinii bihalaalika 'an haraamika, wa aghninii bifadhlika 'amman siwaak. 

"Ya Allah, cukupkanlah aku dengan rezeki-Mu yang halal (hingga aku terhindar) dari yang haram. Jadikanlah aku kaya dengan karunia-Mu (hingga aku tidak minta) kepada selain-Mu." (HR Abdullah bin Ahmad, HR At-Tirmidzi, Al Hakim).   

اَللَّهُمَّ مَالِكَ الْمُلْكِ تُؤْتِي الْمُلْكَ مَنْ تَشَاءُ، وَتَنْزِعُ الْمُلكَ مِمَّنْ تَشَاءُ، وُتُعِزُّ مَنْ  تَشَاءُ، وَتُذِلُّ مَنْ تَشَاءُ، بِيَدِكَ لخَيْرُ، إِنَّكَ عَلى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ، رَحْمَانَ الدُّنْيَأ وَا لآ خِرَةِ وَرَحِيْمَهُمَا، تُغطِيهِمَا مَنْ تَشَاءُ وَتَمْنَعُ مِنْهُمَا مَنْ تَشَاءُ، اِرْحَمْنِي رَحْمَةً تُغْنِي بِهَا عَنْ رَحمَةِ مَنْ سِوَاكَ  

Allaahumma maalikal mulki tu'til mulka man tasyaa', wa tanzi'ul mulka mimman tasyaa', wa tu'izzu man tasyaa', wa tudzillu man tasyaa', biyadikal khair, innaka 'alaa kulli syai-in qadiir, rahmaanad-dunyaa wal aakhirati wa rahiimahumaa, tu'thiihimaa man tasyaa' wa tamna'u minhumaa man tasyaa', irhamnii rahmatan tughniinii bihaa 'an rahmati man siwaak. 

"Ya Allah,Pemilik seluruh kekuasaan. Engkau beri kekuasaan kepada siapa yang Engkau kehendaki, dan Engkau mencabutnya dari siapa yang Engkau kehendaki. Engkau memuliakan siapa yang Engkau kehendaki, dan Engkau menghinakan siapa yang Engkau kehendaki. Di tangan-Mulah segala kebaikan, dan Engkau Maha Berkuasa Atas Segala Sesuatu. Wahai Pengasih di Dunia dan Akhirat dan Penyayang di keduanya, Engkau memberikan keduanya (dunia dan akhirat) kepada siapa yang Engkau kehendaki, dan menahan keduanya dari siapa yang Engkau kehendaki. Rahmatilah aku dengan rahmat-Mu yang menjadikanku tak lagi memerlukan belas kasih selain-Mu." (HR Ath-Thabrani). 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement