Kamis 20 Aug 2020 21:17 WIB

Warga Nagan Raya Diserukan Isolasi Mandiri Sementara Waktu

Seorang pasien Covid-19 dimakamkan tanpa protokol kesehatan di Nagan Raya.

Virus corona (ilustrasi). Seorang warga Desa Ujong Baroh meninggal di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, sebelum terkonfirmasi Covid-19. Ia dimakamkan tanpa protokol kesehatan. Warga pun diminta untuk isolasi mandiri.
Foto: www.freepik.com
Virus corona (ilustrasi). Seorang warga Desa Ujong Baroh meninggal di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, sebelum terkonfirmasi Covid-19. Ia dimakamkan tanpa protokol kesehatan. Warga pun diminta untuk isolasi mandiri.

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Barat, Syarifah Junaidah menyarankan agar masyarakat di Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya, Aceh, agar sementara waktu melakukan isolasi mandiri. Seruan itu dikeluarkan menyusul adanya seorang warga yang meninggal dunia pada Rabu (19/8) lalu dikebumikan tanpa protokol kesehatan.

Warga yang meninggal tersebut merupakan penduduk Desa Ujong Baroh, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat. Warga berinisial SY (75) itu dimakamkan di kompleks pemakaman umum di Desa Meunasah Dayah, Kecamatan Beutong, Kabupaten Nagan Raya, Aceh.

Baca Juga

“Kami sudah sarankan hal ini kepada pejabat terkait di Dinas Kesehatan Nagan Raya untuk memberikan imbauan kepada masyarakat agar melakukan isolasi mandiri,” kata Syarifah di Meulaboh, Kamis petang.

Syarifah menjelaskan, warga yang dimakamkan tanpa protokol kesehatan itu merupakan pasien positif Covid-19 di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh. Menurutnya, sebelumny,a hasil tes cepat di Banda Aceh pada tanggal 13 Agustus 2020 lalu, pasien berinisial SY, tidak terdeteksi terpapar virus corona.

Setelah dilakukan tes ulang menggunakan PCR (polimerase chain reaction) pada tanggal 15 Agustus 2020 lalu, pasien yang ke rumah sakit untuk berobat penyakit jantung tersebut kemudian diketahui positif Covid-19. Namun, sebelum hasil tes PCR tersebut terbit, pasien dibawa pulang oleh keluarga di Kabupaten Nagan Raya, Aceh dan kemudian meninggal dunia di daerah, serta dikebumikan tanpa protokol kesehatan.

“Almarhum SY positif Covid-19 sesuai hasil tes PCR yang diterbitkan oleh Laboratorium dari Universitas Syiah Kuala, Banda Aceh,” kata Syarifah.

Menurut Syarifah, hasil tes tersebut sudah disampaikan kepada otoritas terkait di Kabupaten Nagan Raya, Aceh, untuk ditindaklanjuti sesuai dengan aturan yang berlaku.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement