Senin 24 Aug 2020 16:18 WIB

168 Titik di Tangerang Terfasilitasi Internet Gratis

Sekitar 947 RW telah diverifikasi untuk dipasang fasilitas internet tersebut.

Rep: Abdurrahman Rabbani/ Red: Dwi Murdaningsih
Layanan internet (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Layanan internet (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG — Sebanyak 168 Rukun Warga (RW) di wilayah Kota Tangerang telah terfasilitasi sambungan internet gratis. Adanya fasilitas internet gratis diharapkan dapat menjadi solusi bagi masyarakat untuk tetap beraktivitas dan berkreasi di tengah pandemi Covid-19.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengatakan program pemerintah kota Tangerang berupa penyediaan fasilitas internet gratis di sejumlah RW, telah berjalan. Kini masyarakat bisa memanfaatkan fasilitas tersebut untuk menunjang pembelajaran online atau daring bagi para siswa.

Baca Juga

Selain untuk pembelajaran siswa SD dan SMP, fasilitas internet gratis yang tersedia di tiap-tiap RW bisa digunakan untuk pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM). Seperti warga yang ingin berjualan namun tak memiliki data internet, bisa menggunakan fasilitas tersebut.

“Sekarang sudah aktif sebanyak 168 titik dari total target sebanyak 947 titik," ujar Arief, Senin (24/8).

Arief berharap fasilitas yang disediakan pemkot ini bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh masyarakat. Ia pun meminta masyarakat agar bijak menggunakan fasilitas tersebut, sehingga benar-benar bermanfaat bagi masyarakat.

“Manfaatkan fasilitas internet yang sudah kita sediakan untuk digunakan secara bijak,” kata Arief.

Sebelumnya pemerintah Kota Tangerang menyediakan fasilitas internet gratis bagi para siswa yang dapat menunjang pelaksanaan pembelajaran jarak jauh. Fasilitas internet gratis tersebut tersedia di gedung kecamatan dan kelurahan di Kota Tangerang.

Gedung milik pemerintah daerah pun bisa dimanfaatkan oleh para siswa dan siswi untuk belajar. Bagi mereka yang memiliki kendala tidak bisa membeli kuota internet bisa memanfaatkan fasilitas yang ada di gedung milik pemerintah.

“Nanti kalau perlu wifi tinggal datang langsung saja ke gedung kelurahan atau gedung kecamatan, jadi gak perlu lagi minta ke orang tua buat beli paket internet,” ujar Arief pada waktu lalu.

Sementara Kepala Diskominfo Kota Tangerang Mulyani mengatakan sekitar 947 RW telah diverifikasi untuk dipasang fasilitas internet tersebut. Ditargetkan seluruh fasilitas internet ini terpasang pada awal September 2020.

Fasilitas internet gratis itu akan dipasang di ruang-ruang publik yang ada di setiap RW. Seperti masjid, mushola hingga balai warga. Menurutnya, bagi masyarakat yang ingin menggunakan fasilitas internet tersebut juga harus tetap mematuhi dan menerapkan protokol kesehatan.

“Sehingga masyarakat yang tidak mampu membeli kuota internet dapat memanfaatkan fasilitas dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan,” katanya.

Adapun kecepatan akses internet gratis yang digunakan sebesar 50 megabyte per-detik. Pemkot Tangerang menganggarkan sekitar Rp 500 ribu untuk setiap titik RW setiap bulannya.

“Kalau provider nanti kita pilih sesuai prosedur pengadaan. Nanti kita sesuaikan paket-paket yang ada. Ya kita upayakan yang di e-katalog saja,” jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement