Kamis 27 Aug 2020 05:40 WIB

Mengenal Al Mizab, Talang Air di Atap Ka'bah

Mengenal Al Mizab, Talang Air di Atap Ka'bah

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Hafil
Mengenal Al Mizab, Talang Air di Atap Ka'bah.
Foto: Alarabiya
Mengenal Al Mizab, Talang Air di Atap Ka'bah.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKKAH -- Al Mizab merupakan talang air yang berada di atas Ka'bah sisi Al-Hijr. Fungsinya yakni untuk membuang air yang terkumpul di atap Ka'bah.

Dikutip dari buku Bekal Haji Karya Ustaz Firanda Andirja disebutkan, Wallahu a'lam, siapakah yang pertama kali meletakkan mizab di atap Ka'bah. Kemungkinan besar yang pertama kali membuat mizab adalah yang membuat atap Ka'bah.

Baca Juga

Sebagian ulama berpendapat bahwa yang pertama kali membuat atap adalah orang-orang Quraisy saat merenovasi Ka'bah, dan sebagian lagi berpendapat Abdullah bin Zubair, disebutkan dalam Fathul Baari "Dan dikatakan bahwa Abdullah bin Az-Zubair yang telah mengatapi atau mengatapi sebagian Ka'bah.

Adapun Ka'bah yang ada sekarang telah mengalami beberapa kali pemugaran. Sejarah mencatat empat kali pemugaran yang terkenal.

Pada awalnya, Ka'bah dibangun oleh Nabi Ibrahim Alaihissalam yang dibantu putranya  Alaihissalam. Tidak ada riwayat yang sahih perihal bentuk pembangunan pertama Ka'bah.

Kemudian yang kedua dilakukan pemugaran oleh kaum Quraisy. Pemugaran ini dilakukan ketika Nabi Shallallahu alaihi wa sallam berusia 35 tahun atau lima tahun sebelum diangkat menjadi Nabi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement