Kamis 27 Aug 2020 09:17 WIB

Cegah Stigma Cerai, Arab Saudi Luncurkan Podcast Pelatihan

Podcast pelatihan diluncurkan Arab Saudi untuk mencegah stigma cerai.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Cegah Stigma Cerai, Arab Saudi Luncurkan Podcast Pelatihan. Foto: Perceraian/ilustrasi
Foto: familylawyerblog.org
Cegah Stigma Cerai, Arab Saudi Luncurkan Podcast Pelatihan. Foto: Perceraian/ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JEDDAH -- Tingkat perceraian di Kerajaan Arab Saudi mulai naik segera setelah lockdown dan kehidupan mulai kembali normal. Untuk mencegah stigmatisasi perceraian, Arab Saudi luncurkan podcast yang membahas tentang pelatihan pascaperceraian.

Dilansir di Arab News, Kamis (27/8), berdasarkan laporan terbaru oleh Kementerian Kehakiman Saudi,  pada Juni 2020 sebanyak 4.079 surat cerai dikeluarkan di Arab Saudi. Jumlah itu 30 kali lipat lebih banyak dari 134 yang diberikan pada bulan April ketika pihak berwenang mulai menerapkan pembatasan pergerakan yang ketat.

Baca Juga

Lonjakan tiba-tiba itu disebut ekstrem, tetapi mencerminkan peningkatan dramatis dalam tingkat perceraian di Kerajaan Arab Saudi dalam beberapa tahun terakhir. Menyoroti masalah ini, seorang wirausaha sosial dan pelatih perceraian Saudi meluncurkan sebuah proyek untuk membantu orang mengatasi apa yang dia gambarkan sebagai rasa malu dan stigma yang terkait dengan putus pernikahan.

Pelatih Ghazal Hashim memulai podcast "Turn the Page" pada tahun 2017 dengan seorang teman, spesialis pendidikan Basma Bushnak.

Podcast tersebut kemudian menginspirasi Hashim untuk mendirikan bisnis pelatihan, pusat Nehayat Bedaya (atau "bersama untuk akhir yang lebih baik"), yang berspesialisasi dalam masalah-masalah yang berhubungan dengan perceraian.

Inisiatif sukarela ini masih menjadi satu-satunya platform bahasa Arab untuk mengatasi tantangan kehidupan sosial, hukum, emosional, profesional dan terkait keluarga setelah perceraian. Ide tersebut dimulai ketika Hashim dan Bushnak bertemu untuk membahas tantangan yang keduanya dihadapi sebagai ibu tunggal. Kemudian mereka berpikir untuk menawarkan bantuan dan dukungan kepada orang lain dalam situasi mereka.

“Kami berpikir untuk menulis buku bersama, tetapi setelah banyak pembicaraan kami memutuskan untuk meluncurkan podcast di mana kami dapat mengadakan diskusi dengan ramah,” kata Hashim.

Episode pertama ditayangkan pada tahun 2017 dengan Mstdfr Network. Podcast, sekarang di musim keempat, saat ini muncul di Jaringan Mohtwize. Podcast semakin matang selama bertahun-tahun. Musim pertama berfokus pada wanita, tetapi ketika kedua pembawa acara menyadari bahwa pria yang bercerai juga tidak memiliki suara, mereka mulai memasukkan tamu pria dalam diskusi.

Hashim mengatakan bahwa mereka tidak "mendorong orang untuk bercerai, tetapi mendedikasikan upaya mereka untuk membantu pria dan wanita yang bercerai untuk mengatasi rasa malu sosial dan memulai perjalanan baru dalam hidup dengan percaya diri.

"Perpisahan seharusnya tidak dilihat sebagai kegagalan. Perceraian bisa menjadi katalisator perubahan positif dalam hidup ketika kehidupan pernikahan menjadi tidak mungkin,” ujarnya.

Melalui podcast itu, dia bertujuan untuk mematahkan stigma terkait perceraian. Perceraian dipandang sebagai hal buruk yang tidak boleh dibicarakan, padahal itu menurutnya adalah masalah yang ada pada tingkat tinggi di masyarakat.

"Anda hampir tidak dapat menemukan keluarga yang tidak memiliki satu kasus perceraian di antara mereka," ujarnya.

Di musim ketiga podcast, mereka memperluas diskusi dengan memasukkan tantangan dan risiko yang dapat mengancam persatuan keluarga dan menyebabkan perceraian jika tidak ditangani dengan benar, seperti perselingkuhan dan kecanduan.

"Kami telah mencapai musim keempat, menerbitkan sekitar 50 episode, dan jumlah total pendengar di platform SoundCloud saja telah mencapai lebih dari 200 ribu," kata Hashim.

Situs web podcast juga memungkinkan pendengar untuk berbagi pengalaman mereka tentang perpisahan, pengasuhan anak tunggal, dan strategi mengatasi masalah. Mereka juga mengadakan pertemuan kelompok dukungan bulanan dengan para ahli, mengumpulkan orang-orang yang telah bercerai selama dua tahun, dengan setiap sesi membahas topik baru.

Pusat Nehayat Bedaya Hashim bertujuan untuk menyediakan peta jalan bagi mereka yang mengalami perceraian. “Kontak saya dengan orang-orang yang bercerai, dan pembacaan serta pertemuan saya dengan para ahli saat saya mempersiapkan episode podcast, membuat saya menjadi pelatih perceraian bersertifikat pada 2019. Sekarang saya mengambil gelar master dalam terapi pernikahan dan keluarga,” katanya.  

Hashim telah mengumpulkan tim psikolog klinis muda untuk mendukung orang yang baru bercerai tentang apa yang menurutnya bisa menjadi perjalanan yang sangat sepi bagi sebagian orang. Pusat tersebut, yang terletak di Jeddah, menawarkan layanan pelatihan perceraian dan sesi kelompok dukungan tertutup.

Saat ini, film tersebut ditujukan untuk wanita yang bercerai di tahun pertama perpisahan mereka, tetapi kemudian berencana untuk memasukkan pria yang bercerai serta anak-anak dari pasangan yang terpisah.

“Pembinaan perceraian adalah proses yang fleksibel dan berorientasi pada tujuan yang dirancang untuk mendukung, memotivasi dan membantu orang yang sedang melalui perceraian membuat keputusan terbaik untuk masa depan mereka,” kata Hashim.

Menurutnya, pelatihan berbeda dari terapi, tapi keduanya saling tumpang tindih. Terapis adalah, kata dia, adalah seorang ahli yang fokus utamanya adalah mengungkap dan memulihkan, tetapi pelatih adalah mitra yang berfokus pada penemuan. Pembinaan berfokus pada masa depan. Keduanya dinilai profesional dengan fokus utama membantu kliennya.

“Mereka juga dapat bekerja sama karena banyak terapis terkadang menerapkan keterampilan pembinaan. Seorang pelatih tidak pernah mengklaim tahu lebih baik, dan kami selalu merujuk ke terapis jika kami menemukan klien mengalami pelecehan parah atau menderita masalah kesehatan mental, misalnya," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement