Senin 31 Aug 2020 21:26 WIB

Tiga Nasihat Syekh Aidh Al Qarni Tentang Strategi Hidup

Syekh Aid Al Qarni memberikan tiga nasihat soal hidup.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Tiga Nasihat Syekh Aidh Al Qarni Tentang Strategi Hidup. Foto: Syeikh Aidh Al Qarni
Foto: IST
Tiga Nasihat Syekh Aidh Al Qarni Tentang Strategi Hidup. Foto: Syeikh Aidh Al Qarni

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Penulis buku La Tahzan Syekh Aidh Al-Qarni menuliskan sebuah kiasan tentang nasihat menjalani kehidupan. Atau bisa dibilang, ketiga nasihat tersebut berbicara soal strategi dalam menjalankan hidup sukses dunia dan akhirat.

Dalam masa pandemi virus corona jenis baru (Covid-19), umat manusia memang perlu menuangkan rasa sabar seluas-luasnya atas musibah yang dihadapi bersama-sama ini. Menarik disimak mengenai nasihat Syekh Aidh al-Qarni dalam bukunya berjudul La Tahzan.

Baca Juga

Beliau memberikan nasihat dalam sebuah narasi tentang tiga papan. Sejumlah orang pandai menyelipkan tiga buah papan berharga di atas mejanya. Pada papan pertama tertulis: “Hari anda adalah sekarang, hari anda adalah sekarang,”.

Artinya, kita dianjurkan untuk hidup dalam batas-batas hari ini saja (tidak serakah). Papan kedua bertuliskan: “Pikirkanlah dan bersyukurlah,”. Maksudnya, kita dianjurkan untuk memikirkan tentang nikmat yang telah diberikan Allah. Dan papan ketiga bertuliskan: “Jangan marah,”.

Syekh Aidh al-Qarni menjelaskan, ketiga papan ini merupakan nasihat yang akan mengantarkan manusia pada kebahagiaan. Yakni melalui cara yang paling singkat dan mudah. Cara seperti inilah yang perlu diikuti umat Muslim. Sebab dengan menempelkan perigatan itu di tempat-tempat strategis (seperti di ketiga papan tadi), kita bisa membacanya setiap saat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement