Selasa 01 Sep 2020 10:27 WIB

Presiden Iran Serukan Dialog Negara-Negara Muslim

Presiden Rouhani merujuk pentingnya mengadakan dialog antar sesama negara Muslim

Rep: Rizky Surya/ Red: Christiyaningsih
Presiden Iran Hassan Rouhani merujuk pentingnya mengadakan dialog antar sesama negara Muslim. Ilustrasi.
Foto: Iranian Presidency Office via AP
Presiden Iran Hassan Rouhani merujuk pentingnya mengadakan dialog antar sesama negara Muslim. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, KUALA LUMPUR - Presiden Iran Hassan Rouhani menemui Raja Malaysia Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah dalam rangka perayaan hari lahirnya Malaysia pada Senin (31/8). Dalam kunjungan itu, Rouhani merujuk pentingnya mengadakan dialog antar sesama negara Muslim.

Rouhani mengakui banyaknya masalah di negara Muslim sekaligus ego sektoral di kalangan negara Muslim. Ia meyakini masalah-masalah itu sebenarnya bisa diurai jika sesama negara Muslim membuka hati dan tangan untuk bekerja sama.

Baca Juga

"Republik Islam Iran meyakini dialog konstruktif dan interaksi antar pemerintahan negara Muslim adalah jalan untuk melewati masalah-masalah yang dihadapi dunia Islam," kata Rouhani dilansir Mehr News Agency pada Senin (31/8).

Rouhani menyampaikan pujiannya atas sikap Malaysia pada tantangan yang dialami dunia Islam, salah satunya masalah pendudukan Palestina oleh rezim Israel. Rouhani lalu secara resmi mengundang Raja Malaysia berkunjung ke Iran.

"Untuk mengadakan dialog dan pertukaran pandangan menyangkut masalah-masalah dunia Islam dan inisiasi Republik Islam (Iran) dalam mendorong kedamaian dan stabilitas," ujar Rouhani.

Rouhani juga ingin membahas perluasan hubungan bilateral. Dia ingin kerja sama kedua negara terus meningkat di bidang politik, ekonomi, dan kebudayaan. "Saya doakan Raja terus sehat dan warga Malaysia sejahtera," sebut Rouhani.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement