Selasa 01 Sep 2020 19:29 WIB

Sosok Pangeran Fahd yang Dipecat Raja Salman

Pangeran Fahd terkait dugaan kasus korupsi di Kemenhan.

Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz memecat dua bangsawan Saudi.
Foto: Saudi Press Agency via AP
Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz memecat dua bangsawan Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, KAIRO -- Raja Salman dari Arab Saudi memecat dua bangsawan kerajaan dan merekomendasikan keduanya bersama dengan empat perwira militer untuk diselidiki dalam kasus korupsi di Kementerian Pertahanan.Pencopotan itu diumumkan dalam keputusan kerajaan yang dikeluarkan pada Selasa (1/9) pagi dan diberitakan oleh media pemerintah.

Keputusan itu menyebut Pangeran Fahd bin Turki bin Abdulaziz Al Saud akan dicopot sebagai komandan satuan gabungan dalam koalisi pimpinan Saudi yang berperang di Yaman. Kemudian anak laki-lakinya, Pangeran Abdulaziz bin Fahd dicopot dari posisi sebagai wakil gubernur di kawasan al-Jouf.

Baca Juga

Lantas siapa Pangeran Fahd?

Sebelum menjadi komandan pasukan gabungan dalam koalisi, Pangeran Fahd adalah komandan Pasukan Darat Kerajaan Arab Saudi, unit pasukan terjun payung dan pasukan khusus. Sebagaimana dilaporkan harian Saudi Arab News. Ayahnya adalah mantan wakil menteri pertahanan.

Surat keputusan itu menyebutkan bahwa putra mahkota menunjuk Letnan Jenderal Mutlaq bin Salem bin Mutlaq Al-Azima untuk menggantikan Pangeran Fahd.

Koalisi pimpinan Saudi melakukan intervensi di Yaman pada 2015 untuk melawan gerakan Houthi, yang berpihak pada Iran dan menggulingkan pemerintah dukungan Saudi dari kekuasaan di Sanaa. Konflik yang dipandang sebagai perang proksi antara Arab Saudi dan Iran, telah mengalami kebuntuan militer selama bertahun-tahun.

sumber : Reuters/antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement