Kamis 03 Sep 2020 09:49 WIB

Di Tokopedia Punya Rp5.000 Sudah Bisa Jadi Investor

Di Tokopedia Punya Rp5.000 Sudah Bisa Jadi Investor

Rep: wartaekonomi.co.id/ Red: wartaekonomi.co.id
Asyik Nih, di Tokopedia Punya Rp5.000 Sudah Bisa Jadi Investor. (FOTO: Tokopedia)
Asyik Nih, di Tokopedia Punya Rp5.000 Sudah Bisa Jadi Investor. (FOTO: Tokopedia)

Warta Ekonomi.co.id, Jakarta

Tokopedia resmi meluncurkan gerakan Rabu Nabung untuk meningkatkan kebiasaan masyarakat berinvestasi. Setiap Rabu, masyarakat yang membeli reksa dana melalui Tokopedia bisa memeroleh gift card hingga Rp75 ribu, sedangkan yang menabung emas, berkesempatan mendapat cashback hingga Rp250 ribu.

"Lewat inisiatif ini kami berharap, menabung bisa tetap menjadi kebiasaan walau di tengah pandemi karena melalui Tokopedia, masyarakat bisa berinvestasi dengan mudah, aman, dan terjangkau. Mulai dari Rp5.000 untuk emas dan Rp10 ribu untuk reksa dana, siapa saja bisa menjadi investor," ujar VP of Fintech and Payment Tokopedia, Vira Widiyasari di Jakarta, Rabu (2/9/2020).

Vira menjelaskan alasan Tokopedia mengedepankan dua instrumen investasi tersebut karena emas adalah produk investasi jangka panjang yang sudah sejak lama menjadi primadona lantaran harganya yang cenderung naik. Sedangkan reksa dana pasar uang memiliki risiko rendah dan keuntungan relatif tinggi.

Baca Juga: Harga Emas Hari Ini Terpangkas, Cukup Rogoh Kocek Segini Ya

Baca Juga: Data Tokopedia Bocor di Medsos, Apa Kata Pakar Keamanan Siber?

"Penetrasi dua produk investasi, yang dinilai ramah terutama kepada investor pemula ini, diharapkan bisa mendorong masyarakat mengenal produk investasi lebih lanjut lainnya dan secara umum meningkatkan literasi, serta inklusi keuangan di Indonesia," cetus Vira.

Adapun dalam program menabung reksa dana, Tokopedia bekerja sama dengan Bareksa. Senior Lead Fintech Tokopedia, Marissa Dewi mengatakan, selama dua tahun ke belakang, transaksi Tokopedia Reksa Dana bertumbuh hampir 27 kali lipat. Jumlah pengguna yang terdaftar di Tokopedia Reksa Dana pun bertumbuh lebih dari 57 kali lipat.

Kenaikan signifikan ini didorong sejumlah nilai tambah dalam menabung reksa dana lewat Tokopedia Reksa Dana. Mulai dari proses pendaftaran dan pencairan yang instan hanya dalam hitungan menit, tidak ada biaya transaksi, hingga keuntungan hingga 6,5% per tahun yang sudah bersih dari pajak.

Sementara Tokopedia Emas hadir sejak 2019 atas kerja sama Tokopedia dengan Pegadaian dan diawasi oleh OJK.

"Sama halnya dengan reksa dana, emas pun semakin diminati masyarakat. Terbukti dari data internal Tokopedia yang menunjukkan selama satu tahun ke belakang, jumlah pengguna yang terdaftar di Tokopedia Emas bertumbuh hampir 20 kali lipat. Transaksi Tokopedia Emas pun bertumbuh hampir 30 kali lipat," kata Marissa.

Tokopedia Emas juga menghadirkan berbagai fitur tambahan, seperti Pembulatan Emas, yang memungkinkan masyarakat berbelanja sambil menabung emas dengan membulatkan nominal belanja pada halaman Checkout mulai dari Rp500.

Disclaimer: Berita ini merupakan kerja sama Republika.co.id dengan Warta Ekonomi. Hal yang terkait dengan tulisan, foto, grafis, video, dan keseluruhan isi berita menjadi tanggung jawab Warta Ekonomi.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement