Jumat 04 Sep 2020 05:13 WIB

Kisah Hasan Marah karena Pujian Berlebihan Ahlul Bait

Hasan meminta orang lain mencintai ahlul bait karena Allah.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Ani Nursalikah
Kisah Hasan Marah karena Pujian Berlebihan Ahlul Bait
Kisah Hasan Marah karena Pujian Berlebihan Ahlul Bait

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Cucu Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam, Al-Hasan pernah memarahi seseorang karena dia memuji Ahlul Bait (keluarga Rasulullah) secara berlebihan.

Dikutip dari buku Hasan dan Husain, the Untold Story karya Sayyid Hasan al-Husaini, pernah pada suatu hari seorang laki-laki mendatangi al-hasan al-Mutsanna. Entah mengapa, laki-laki itu kemudian memuji Ahlul Bait secara berlebihan. Mendengar sanjungan seperti itu, al-Hasan al-Mutsanna langsung marah.

Baca Juga

"Apa-apaan kalian ini! Cintailah kami karena Allah. Jika kami taat kepada Allah, maka cintailah kami, tetapi jika kami durhaka kepada-Nya, maka bencilah kami!"

Lantas ada seorang menyela ucapannya, "Bukankah kalian kerabat Rasulullah dan Ahlul Bait beliau?"

 

Al-Hasan al-Mutsanna membalas, "Engkau salah paham! Seandainya Allah menyelamatkan seseorang dari azab-Nya sebatas karena kekerabatan orang itu dengan Rasulullah, bukan karena ketaatannya kepada-Nya, tentu orang yang nasab ayah-ibunya lebih dekat dengan beliau akan dijamin selamat. Namun tidak demikian.

Demi Allah, kami sungguh khawatir jika orang yang durhaka di antara kami akan disiksa dua kali lipat. Namun begitu, aku juga berharap semoga orang yang berbuat baik di antara kami akan diberi pahala dua kali lipat.

Apa-apaan kalian ini, takutlah kalian kepada Allah! Katakanlah yang benar tentang kami, Ahlul Bait. Karena itulah yang akan mewujudkan keinginan kalian, dan kami pun dapat menerimanya dari kalian dengan senang hati," (dikutip dari Thabaqat Ibnu Sa'ad).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement