Jumat 04 Sep 2020 14:48 WIB

Warga Pakistan Gelar Aksi Protes Charlie Hebdo

Protes Charlie Hebdo di Pakistan berlangsung.

Rep: Andrian Saputra/ Red: Ani Nursalikah
Warga Pakistan Gelar Aksi Protes Charlie Hebdo. Protes majalah Charlie Hebdo di Pakistan. Ilustrasi
Foto: EPA/T. Mughal
Warga Pakistan Gelar Aksi Protes Charlie Hebdo. Protes majalah Charlie Hebdo di Pakistan. Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Puluhan warga Pakistan menggelar aksi protes yang ditujukan kepada Majalah Prancis, Charlie Hebdo yang kembali mencetak karikatur nabi Muhammad, Jumat (4/9). Seperti dilansir Samaa, puluhan pria berkumpul di Utara kota Muzaffarabad di Kashmir yang dikuasai Pakistan.

Para demonstran meneriakan slogankecaman untuk majalah tersebut seperti 'Berhenti mengonggong anjing Prancis' dan 'Hentikan Charlie Hebdo'. "Pemerintah Pakistan harus segera mengakhiri hubungan diplomatiknya dengan Prancis sebagai protes," kata Mohammad Zaman, seorang ulama sunni. 

Baca Juga

Aksi itu pun berlangsung dengan damai, meski para demonstran ada yang menginjak-injak bendera Prancis dan membakarnya. Sebelumnya dalam video, Menteri Luar Negeri Pakistan, Mahmood Qureshi mengatakan mengutuk tindakan Charlie Hebdo.

Selain itu Pakistan juga telah mengajukan protes pada duta besar Prancis di Islamabad. "Karikatur yang diterbitkan telah melukai sentimen jutaan Muslim. Saya berharap tindakan tercela ini tak akan terulang kembali dan mereka yang bertanggung jawab akan dibawa ke pengadilan," kata Qureshi.

Sementra Partai Islam sayap kanan Tehreek e Labbaik Pakistan mengklaim telah mengorganisir aksi protes yang berlangsung usai sholat Jumat. Protes juga berlangsung di kota Rawalpindi dan Karachi. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement