Jumat 04 Sep 2020 20:54 WIB

Dewan Wakaf di India Restorasi Masjid Terbengkalai

Tak ada individu atau lembaga yang bersedia bertanggungjawab atas bangunan itu.

Rep: Rizky Suryarandika/ Red: Muhammad Fakhruddin
Dewan Wakaf di India Restorasi Masjid Terbengkalai. Pembangunan masjid (ilustrasi).
Foto: Republika/Tahta Aidilla/ca
Dewan Wakaf di India Restorasi Masjid Terbengkalai. Pembangunan masjid (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,HYDERABAD -- Dewan Wakaf wilayah Telangana (TSWB) merestorasi bangunan Masjid berusia 400 tahun di Raidurgam. Masjid yang dibangun di era Qutb Shahi ini luas total arealnya mencapai 34 guntas atau 3,4 kilometer persegi.

Ketua TSWB Muhammad Saleem mengungkapkan selama ini kondisi bangunan bersejarah itu terbengkalai. Penyebabnya karena tak ada individu atau lembaga yang bersedia bertanggungjawab atas bangunan itu.

"Masjid tutup selama beberapa tahun karena tak ada yang mengadakan shalat disana. Lokasi Masjid akhirnya jadi ditempati orang-orang yang tidak punya rumah," kata Saleem dilansir dari Times of India pada Kamis (3/9).

Bahkan Saleem terkejut karena ada jalan setapak yang ada di dalam Masjid tanpa seizin TSWB. Mendapati temuan itu, TSWB langsung berupaya merestorasi bangunan Masjid untuk dijadikan rumah ibadah kembali.

 

TSWB juga sudah berkoordinasi dengan pemda setempat guna merealisasikan rencana restorasi. Pihak kepolisian lokal turut diminta kerjasamanya dalam mengamankan Masjid agar bisa dijadikan tempat ibadah.

"Kami sejauh ini berhasil merestorasi lima Masjid yang sempat ditinggalkan. Ketika suatu properti terhitung sebagai wakaf maka tak bisa diubah lagi," ujar Saleem. 

Saleem menekankan lembaganya fokus pada pengelolaan barang wakaf. Ia ingin memastikan amanah pemberi wakaf tetap dipertahankan.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement