21 Rabiul Akhir 1442

Situs Bersejarah di Madinah Selain Masjid Nabawi

Ahad , 06 Sep 2020, 06:42 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Muhammad Hafil
Situs Bersejarah di Madinah Selain Masjid Nabawi. Foto: Boulevard masjid Quba Madinah.
Situs Bersejarah di Madinah Selain Masjid Nabawi. Foto: Boulevard masjid Quba Madinah.

REPUBLIKA.CO.ID, MADINAH -- Kota Madinah Al Munawarah memiliki banyak tempat religius dan bersejarah, yang menjadi indikasi kebesaran kota ini dan hubungannya dengan kehidupan Nabi Muhammad (saw). Salah satunya adalah Masjid Quba, yang berada di barat daya kota.

Masjid Quba dimungkinkan  dimasuki oleh sekitar 20.000 jamaah. Bagian utara masjid diperuntukkan bagi jamaah perempuan dengan kapasitas lebih dari 7.000 orang.

Al-Madinah Al-Munawwarah juga dikenal dengan banyak gunung dan lembahnya. Di antara yang paling penting dari gunung-gunung ini adalah Gunung Uhud dan di sebelahnya adalah makam para Syuhada, yakni Makam Uhud, termasuk makam 70 sahabat Nabi Muhammad (saw) yang mati syahid selama perang Uhud.

Di antara lereng bukit Al-Madinah dan pegunungan terdapat lembah. Lembah-lembah ini menjadi saksi peradaban kuno yang menetap di Madinah atau melewatinya, karena beberapa peradaban ini disebutkan dalam biografi Nabi Muhammad (saw) atau ditemukan pada zaman ini melalui prasasti dan gambar yang muncul di bebatuan sebagai tanda makhluk yang hidup di tanah Jazirah Arab selama era pra-lslam.

Baca Juga

Kemudian, ada Wadi Al-Aqeeq atau lembah terberkati. Lembah ini dianggap sebagai salah satu lembah terpenting, seperti yang disebutkan dalam banyak hadits yang menunjukkan keutamaan dan keindahan alamnya. Nabi Muhammad (saw) biasa pergi keluar untuk menikmati udara dan cuaca yang bagus.

 

widget->kurs();?>