Ahad 06 Sep 2020 10:07 WIB

India akan Bangun Tempat Ibadah yang Hancur Termasuk Masjid

India akan membangun masjid yang hancur.

Rep: Ratna Ajeng Tejomukti/ Red: Muhammad Hafil
India Akan Bangun Tempat Ibadah yang Hancur Termasuk Masjid. Foto ilustrasi: penghancuran masjid Babri 19 tahun lalu
Foto: .
India Akan Bangun Tempat Ibadah yang Hancur Termasuk Masjid. Foto ilustrasi: penghancuran masjid Babri 19 tahun lalu

REPUBLIKA.CO.ID, HYDERABAD --  Kepala Menteri Telangana K Chandrasekhar Rao mengatakan pemerintah akan membangun masjid, kuil dan gereja di lokasi kompleks sekretariat baru .

Dilansir di timesofindia, Sabtu (5/9) Dia mengatakan batu pondasi untuk struktur bangunan akan diletakkan setelah sidang legislatif dan sidang dewan dan pembangunan akan segera dimulai. Dia meyakinkan pembangunan akan selesai dengan cepat.

Baca Juga

Delegasi dari berbagai pemuka agama yang dipimpin oleh Menteri Dalam Negeri Mohd Mahmood Ali dan Anggota Parlemen Hyderabad Asaduddin Owaisi bertemu dengan menteri utama untuk membahas pembongkaran sebuah masjid di kompleks sekretariat lama dan pembangunan masjid baru pada Sabtu (5/9).  

Kepala menteri mengatakan satu kuil dan dua masjid yang rusak saat menghancurkan gedung kesekretariatan lama akan dibangun dengan semua fasilitas.

"Dua masjid, masing-masing berukuran 750 kaki persegi atau  69,6773 meter persegi (total 1500 kaki persegi atau 139,3546 meter persegi ) termasuk satu  tempat imam Masjid baru akan dibangun di lokasi yang sama di mana mereka berada, di sekretariat baru setelah selesai dibangun, diserahkan ke Badan Wakaf Negara, "kata KCR kepada delegasi.

Karena kuil Nalla Pochamma, juga rusak akibat pembongkaran bangunan tua, maka kuil juga akan dibangun seluas 1500 kaki persegi, yang akan diserahkan ke dinas wakaf, katanya.  

Sekretaris juga mengatakan umat kristen juga akan memiliki gereja di Sekretariat baru, pemerintah akan membangun Gereja. Dia mengatakan akibat pelebaran jalan di Narayanpet, sebuah Asurkhana, rusak. Dan dia menginstruksikan untuk mengidentifikasi tanah dan membangun Asurkhana.

KCR mengatakan pemerintah akan mempercepat pembangunan Anees-ul- Gurbah, lembaga yang memberikan perlindungan kepada anak-anak Muslim yatim piatu dan memberi mereka pendidikan.  

“Sudah 80 persen dari pekerjaan konstruksi telah selesai dan Rs 18 crore atau Rp 36.257.344.737,59 lebih dibutuhkan yang akan dirilis dan pekerjaan konstruksi akan segera selesai," kata menteri utama.

Dia menyebut sebuah pusat Islam di Hyderabad dengan standar internasional akan dibangun dan tanah akan dialokasikan untuk hal yang sama.  Ada beberapa penundaan dalam pembangunan pusat Islam karena Covid 19.

Pemerintah berkomitmen untuk kesejahteraan umat muslim yang minoritas, karena sedikitnya tempat pemakaman (Khabrastan) di sekitar kota Hyderabad, pemerintah mengarahkan Rangareddy dan Medchal untuk mengidentifikasi tanah tersebut.  Hampir 150 hingga 200 Khabrastan akan disediakan kata KCR.  Chandrasekhar Rao juga menyatakan saat bersedia menyatakan bahasa Urdu sebagai bahasa resmi kedua negara, program promosi Urdu akan diambil dan wakil ketua komisi bahasa Urdu akan ditunjuk, katanya.  

MIM MLA Akbaruddin Owaisi, Anggota Dewan Hukum Pribadi Muslim Seluruh India Moulana Mufti Khaleel Ahmed, Moulana Khalid Saifullah Rehmani, Anggota Dewan dan Presiden Majlis Ulema-e-Deccan Moulana Syed Qubul Badhshah Shettari, Mautamim Darul Ulum Rehmania, Presiden Jamaiyat Ulama-e -Hind Moulana Mufti Ghiasuddin Rehmani, Amir-e-Jamia Nizamia Moulana Syed Akbar Nizamuddin Hussaini, Amir-e-Jamat-e-Islamia Moulana Hamid Mohammed  Khan Sahib, Tamir-e-Millat Wakil Presiden Moulana Ziauddin Nayyar, Semua Hukum Pribadi Muslim India Anggota Dewan dan Hyderabad Nazim Darul Uloom Moulana Raheemuddin Ansari dan lainnya ikut berpartisipasi dalam mengawal pembangunan tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement