Kamis 17 Sep 2020 14:46 WIB

Mungkinkah Warga Syiah Pakistan Mendekat ke Iran?

Pada awal pembentukan Pakistan, hubungan Syiah dan Sunni cukup dekat.

Rep: Imas Damayanti/ Red: Muhammad Hafil
Mungkinkah Warga Syiah Pakistan Mendekat ke Iran?. Foto: Ilustrasi Syiah
Mungkinkah Warga Syiah Pakistan Mendekat ke Iran?. Foto: Ilustrasi Syiah

REPUBLIKA.CO.ID, ISLAMABAD -- Populasi Muslim Syiah terbesar di dunia di luar Iran ditemukan di negara tetangga Pakistan, yakni sekitar 15 hingga 20 persen dari total populasi. Meskipun merupakan minoritas yang cukup besar di empat provinsi dan kota besar negara itu, mereka adalah mayoritas di wilayah otonom paling utara Gilgit, Baltistan.

Dilansir di Middle East Monitor, Kamis (17/9), hubungan antara Syiah Pakistan dan komunitas Sunni yang lebih besar, sebagian besar harmonis sejak pembentukan Pakistan pada tahun 1947 setelah pemisahan India. Sektarianisme tidak pernah benar-benar berada di garis depan politik identitas pada saat itu dan pendiri sekuler Pakistan Muhammad Ali Jinnah, yang berasal dari keluarga Syiah Ismailiyah, membayangkan bahwa negara itu akan menjadi progresif, demokratis, dan toleran terhadap minoritas, bahkan sebagai mayoritas Muslim.

Baca Juga

Namun, pada akhir 1970-an, menjadi jelas bahwa gagasan Jinnah tentang Pakistan terkikis ketika negara itu mengalami periode Islamisasi yang menentukan di bawah penguasa militer Jenderal Muhammad Zia-ul-Haq. Pada 1979 khususnya sangat penting, karena menyaksikan munculnya teokrasi Syiah di Iran dan dimulainya perang Soviet-Afghanistan yang berlangsung hingga dekade berikutnya dan di mana Pakistan terlibat menyusul hubungan yang lebih kuat dengan Arab Saudi dan Amerika Serikat.

Perkembangan ini memiliki konsekuensi negatif bagi warga Syiah Pakistan yang menghadapi penganiayaan sistematis dari tahun 1980-an dan seterusnya di tangan organisasi militan anti-Syiah. Sebuah minoritas kelompok Syiah beralih ke kekerasan untuk membela komunitas dari serangan, meskipun relatif terkendali sebagai perbandingan. Dari dua sub-sekte utama di antara populasi Hanafi-Sunni yang dominan di Pakistan, Barelvis adalah yang terbesar, yakni 50 persen hingga 60 persen yang memiliki posisi mirip dengan yang ada di India.

 

Mereka sangat cenderung Sufi dan moderat dalam pandangan agama mereka, dan bisa dibilang lebih dekat dengan Syiah jika dibandingkan dengan Deobandi yang jumlahnya sekitar 20 persen dan menguasai sebagian besar sekolah agama di negara itu.

Taliban di Afghanistan mengikuti sub-sekte Hanafi ini. Ada juga Hadits, atau dikenal sebagai Salafi, yang memiliki pengikut yang lebih sederhana tetapi terus bertambah. Deobandis dan Ahli-Hadits secara ideologis lebih dekat dengan interpretasi puritan Arab Saudi terhadap Islam yang kadang-kadang disebut sebagai Wahhabisme.

Sejak Zia ul-Haq uang mulai membanjiri dari Teluk, terutama dari Arab Saudi, untuk mendanai madrasah dan masjid yang berafiliasi dengan Deobandi. Ini bertepatan dengan penurunan pendidikan yang didanai negara di Pakistan dan peningkatan kekerasan sektarianisme.

Sebagian dari dana asing ini digunakan untuk mendukung kelompok-kelompok jihadis sektarian seperti Sipah-e-Sahabah Pakistan (SSP) dan Lashkar-e-Jhangvi (LeJ) dalam upaya untuk melawan dan menahan pengaruh revolusioner Syiah dari Iran. Mereka juga disponsori oleh badan-badan intelijen Pakistan dan hanya ditetapkan sebagai kelompok teroris pada tahun 2002 oleh mantan Presiden Pervez Musharraf setelah peristiwa 9 September di Amerika Serikat.

Meski demikian, mereka tetap aktif dan dalam banyak hal negara mentolerir keberadaan mereka. Serangan teroris selama puluhan tahun terhadap prosesi keagamaan Syiah, masjid, lingkungan, dan peziarah yang kembali dari Iran, selain pembunuhan yang ditargetkan, penghilangan, dan migrasi paksa, telah mendorong para aktivis dan organisasi hak asasi manusia untuk menggambarkan penderitaan Syiah Pakistan sebagai genosida yang sedang berlangsung.

Selain itu, dikatakan sebagai salah satu negara di mana negara tidak hanya tidak efektif dan gagal memberikan keamanan bagi warga Syiahnya, tetapi juga pada dasarnya, berkolusi dengan para pelaku melalui ruang kosong yang diberikan kepada kelompok-kelompok yang diduga terlarang yang terus melakukan pelanggaran hukum menghindari tuntutan.

Undang-undang juga berperan dalam memfasilitasi penganiayaan terhadap Syiah dan agama minoritas lainnya seperti Kristen dan Ahmadiyah. Antara tahun 1987 dan 2019, misalnya, ratusan kasus penistaan ​​agama dilaporkan terjadi di berbagai agama dan sekte di Pakistan.

SSP dikatakan telah memperkenalkan RUU Namus-i-Sahabah (Kehormatan Para Sahabat Nabi) di Majelis Nasional, yang berusaha untuk menambahkan nama-nama dari empat Khalifah yang dipandu dengan benar ke daftar mereka yang tercakup oleh Penodaan Agama.

Hukum juga telah diperdebatkan bahwa amandemen 1980 yang menambahkan pengiring pada undang-undang penistaan ​​agama yakni pada Pasal 295 a kemungkinan merupakan isyarat simbolis oleh pemerintah Zia-ul-Haq untuk menunjukkan "kredensial Islam" dan memenangkan kelompok garis keras.

Namun demikian, jelas bahwa komunitas Syiah akan terpengaruh secara tidak proporsional oleh amandemen ketika anggotanya tidak berbagi bacaan historis yang sama atau memiliki pendapat yang sama tentang individu tertentu yang dianut oleh Sunni. Pada Juli lalu, Majelis Punjab, badan legislatif provinsi terbesar di Pakistan, memutuskan untuk mendukung RUU yang mengupayakan undang-undang penistaan ​​agama yang lebih ketat untuk "melindungi Islam".

Hal ini menyebabkan kecaman luas dengan kekhawatiran bahwa negara tersebut akan menyaksikan sektarianisme dan ekstremisme lebih lanjut sebagai hasilnya.

Menurut siaran pers yang dikeluarkan awal bulan ini oleh Komisi Hak Asasi Manusia Pakistan, dilaporkan bahwa sudah ada sekitar 40 kasus ekstremisme yang dilaporkan pada bulan sebelumnya. Faktanya, sejak RUU tersebut disahkan, telah terjadi banyak penangkapan ulama Syiah dan eulogis selama bulan Muharram atas doa yang telah lama dibacakan untuk menandai Hari Asyura.

Beberapa hari kemudian, ada aksi unjuk rasa besar oleh puluhan ribu orang di Karachi, termasuk partisipasi SSP, LeJ, dan kelompok ekstremis lainnya yang secara terbuka mengecam Syiah sebagai Kaafir (non-beriman).

Tidak mengherankan, terjadi pembunuhan yang lebih terarah terhadap warga Syiah Pakistan, beberapa di antaranya telah dipublikasikan secara luas di media sosial. Satu insiden penting melibatkan pemilik toko Syiah Qasim Imran, Rekaman CCTV menunjukkan dia ditembak beberapa kali dari jarak dekat oleh penyerangnya yang kemudian melarikan diri dari tempat kejadian.

Perkembangan tersebut menjadi penyebab keprihatinan besar bagi Syiah Pakistan, terutama ketika pemerintah gagal melindungi mereka dan pada dasarnya tidak melihat ke arah lain karena suara ekstremis menjadi lebih keras dan kekerasan semakin berani.

Dengan sedikit pilihan yang tersisa untuk kelangsungan hidup mereka, Syiah Pakistan mungkin menemukan bahwa mereka memiliki sedikit pilihan selain beralih ke Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran yang kuat. Korps memiliki rekam jejak pelatihan dan mempersenjatai orang-orang seperti Hizbullah Lebanon dan Pasukan Mobilisasi Populer di Irak, yang keduanya muncul karena marginalisasi Syiah atau ketidakmampuan negara dalam melindungi mereka. IRGC telah melatih brigade Afghanistan dan Pakistan.

Beberapa orang berpendapat bahwa mereka hanyalah pengungsi yang dieksploitasi dan dikirim untuk berperang terutama di Suriah. Ketika penganiayaan terhadap warga Syiah di Pakistan meningkat, kebutuhan untuk membela diri dapat menyebabkan apa yang disebut Brigade Zainebiyoun mengalihkan fokus dari Suriah kembali ke Pakistan, meskipun faksi tersebut masih dalam tahun-tahun awal perkembangannya.

Oleh karena itu, dalam putaran nasib yang ironis, tampaknya kebijakan Arab Saudi dan Zia-ul-Haq yang dimaksudkan untuk membatasi pengaruh Iran di Pakistan dengan mempromosikan kelompok-kelompok Sunni ekstremis pada akhirnya dapat mendorongnya kembali.

Sumber:

https://www.middleeastmonitor.com/20200916-if-pakistan-is-unwilling-to-protect-its-shia-citizens-they-may-look-to-irans-republican-guards/

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement