Jumat 18 Sep 2020 12:16 WIB

Tanamduit Luncurkan Layanan Dana Kas Online Bagi UKM

UKM dapat mengalokasikan dana menganggurnya ke reksa dana lewat Tanamduit.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Platform Tanamduit
Foto: id.tanamduit.com
Platform Tanamduit

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Star Mercato Capitale (Tanamduit) meluncurkan layanan terbaru Tanamduit Bisnis sebagai solusi bagi para investor institusi atau perusahaan yang ingin menginvestasikan dana-dana 'menganggur' (idle)-nya dengan imbal hasil yang optimal. Adapun solusi Tanamduit Bisnis, investor institusi dapat secara mudah, cepat, dan aman mengalokasikan dana kas yang tidak terpakai ke produk-produk reksa dana pasar uang.

Co-Founder & Chief Executive Oficer (CEO) Tanamduit Rini Hapsari mengatakan pelaku UKM, yayasan, koperasi, maupun institusi lain yang selama ini masih menggunakan produk perbankan tradisional, seperti giro dan tabungan, dapat mengalokasikan dana menganggurnya ke reksa dana pasar uang lewat solusi Tanamduit Bisnis.

Baca Juga

“Investor dapat menempatkan dana idle-nya pada reksa dana pasar uang yang memiliki imbal hasil lebih tinggi, yakni 5-7 persen per tahun. Pencairan dapat dilakukan kapanpun tanpa penalti, dengan risiko rendah setara deposito,” ujarnya saat konferensi pers virtual, Jumat (18/9).

Rini menjelaskan, manfaat lain yang dapat dirasakan investor adalah proses transaksinya yang mudah karena dilakukan secara online. Alhasil, dalam jumlah dana yang besar pun, investor dapat melakukannya di mana saja dan kapan saja. Tanamduit, kata Rini Hapsari, juga menyajikan produk reksa dana pasar uang yang beragam, baik yang berjenis konvensional maupun syariah, dari berbagai manajer investasi (MI) terpercaya.

Sementara Co-Founder Tanamduit Muhamad Hanif menambahkan dana nasabah reksa dana pasar uang dialokasikan ke deposito bank dan obligasi berhorison kurang dari satu tahun. Tanamduit Bisnis menggunakan mekanisme maker dan checker dalam bertransaksi.

Maker adalah orang yang didelegasikan yayasan, UKM, koperasi, maupun institusi lain untuk membuat keputusan sendiri dalam berinvestasi atau transaksi jual beli reksa dana. Lewat fitur ini, semua transaksi dapat dilakukan dari manapun dengan cepat, mudah, dan aman.

“Saat mengambil keputusan investasi tentu harus ada kontrol. Jadi, tidak bisa satu orang yang melakukan transaksi, sehingga mekanisme maker dan checker dibuat dual control, dengan tujuan lebih mengelola risiko agar tidak terjadi penyalahgunaan kewenangan. Ketersediaan fitur ini menjadi pembeda antara Tanamduit Bisnis dan aplikasi Tanamduit di Play Store dan App Store,” ucapnya.

Investor institusi, menurut Hanif, lebih efisien jika ingin berinvestasi reksa dana. Mereka hanya perlu membuka satu rekening untuk berinvestasi, tidak perlu membuka rekening masing-masing MI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement