11 Rabiul Akhir 1442

Pertamina Fasilitasi Serifikasi Halal Mitra UMKM di Sorong

Jumat , 18 Sep 2020, 21:08 WIB Redaktur : Muhammad Fakhruddin
 Infografis Tahapan Sertifikasi Halal (ilustrasi).
Infografis Tahapan Sertifikasi Halal (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SORONG -- PT Pertamina (Persero) menjalankan program kemitraan dengan menyalurkan bantuan modal usaha senilai Rp 1,45 miliar bagi 28 usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di wilayah Sorong, Papua Barat. Bantuan perdana tersebut secara simbolis diserahkan oleh Vice Presiden CSR dan SMEPP PT Pertamina Arya Dwi R kepada Bupati Sorong Johny Kamuru dan kemudian diserahkan kepada masyarakat penerima di kawasan perumahan PT Pertamina (Persero) Refinery Unit VII Kasim Kota Sorong, Jumat (18/9).

Penyerahan bantuan tersebut disaksikan pula oleh Unit Manager Communication, Relations dan CSR MOR VIII PT Pertamina, Edi Mangun dan Unit Manager Comreal dan CSR Pertamina RU VII Kasim, Dodi Yapsenang serta beberapa kepala OPD Pemkab Sorong. Vice Presiden CSR dan SMEPP PT Pertamina Arya Dwi R mengatakan bahwa, program kemitraan tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian Pertamina, dalam mendorong UMKM yang ingin mengembangkan usahanya di tengah kondisi wabah Covid-19.

Menurut dia, program kemitraan ini adalah bagian dari program community development Pertamina yang bentuknya berupa pinjaman modal usaha biaya murah bagi masyarakat yang merintis usaha kecil dan menengah. Ia menjelaskan bahwa pada 2020 pihaknya akan menyalurkan bantuan bagi UMKM mitra di wilayah Sorong senilai Rp 3 miliar. Bulan ini disalurkan Rp 1, 45 miliar dan sisanya Rp 1,6 miliar akan disalurkan pada November nanti.

Dikatakan bahwa bantuan tersebut masing-masing mitra menerima dengan jumlah modal yang bervariasi dan disesuaikan dengan jenis usahanya. Program kemitraan ini akan terus digulirkan dan yang membuat penyerahan hari ini istimewa karena perdana di Sorong.

Pertamina RU VII Kasim dan Pertamina MOR VIII, berkomitmen untuk terus mendukung UMKM karena pelaku UMKM tentunya dimasa pandemi membutuhkan dorongan dan dukungan.

Diharapkan bantuan modal usaha pinjaman murah ini akan memberikan manfaat besar baik pemilik usaha maupun masyarakat di sekitarnya dengan tujuan terbukanya lapangan pekerjaan sebab kesempatan bekerja di usaha kecil menjadi tulang punggung ekonomi daerah. Melalui program kemitraan ini akan diberikan pendampingan antara lain dengan memberikan pelatihan dan juga proses untuk akses pasar. Pertamina memfasilitasi akses pasar dan juga sertifikasi halal serta sertifikasi Badan POM untuk para mitra binaan.

"Harapan kami program kemitraan ini juga bisa bermanfaat bagi usaha-usaha kecil yang lain. Kami berterima kasih kepada pemerintah daerah atas dukungan dan bimbingannya sehingga program kemitraan ini bisa tepat sasaran," ujarnya.

Bupati Sorong Johny Kamuru yang memberikan keterangan terpisah memberikan apresiasi dan terima kasih kepada PT Pertamina yang bersedia memberikan kepedulian kepada pelaku UMKM melalui program kemitraan terutama di masa pandemi Covid-19.

"Pemerintah daerah mendukung program kemitraan yang dijalankan oleh Pertamina ini. Kami berharap program kemitraan ini dapat membantu masyarakat yang mengembangkan UMKM di wilayah Kabupaten Sorong untuk kemajuan ekonomi," tambah dia.

 

widget->kurs();?>