Sabtu 19 Sep 2020 22:51 WIB

Menelusuri Pedalaman Alappuzha di Kerala dengan Taksi Air

Ini adalah pertama kalinya fasilitas 'taksi air' diluncurkan oleh pemerintah.

Menelusuri Pedalaman Alappuzha di Kerala dengan Taksi Air
Foto: tourism-of-india.com
Menelusuri Pedalaman Alappuzha di Kerala dengan Taksi Air

REPUBLIKA.CO.ID,KARALA -- Berlayar ke arah baru di sektor transportasi air umum, destinasi wisata Kerala di India akan bereksperimen dengan taksi air 10 kursi pertama akan diluncurkan bulan depan di daerah terpencil di distrik Alappuzha.

Dilansir dari The Indian Express, Sabtu (19/9), Departemen transportasi air negara (SWTD) telah memesan empat kapal yang dapat dioperasikan sebagai taksi untuk penggunaan umum setelah melakukan studi kelayakan tahun lalu. Ini adalah pertama kalinya fasilitas 'taksi air' diluncurkan oleh pemerintah di Kerala.

“Layaknya taksi di jalan raya, perahu ini akan tersedia untuk umum. Mereka dapat menghubungi nomor telepon tertentu dan kapal akan menjemput dan menurunkan mereka di tempat tujuan. Tarif akan berlaku per jam dan masuk akal,” kata Shaji V Nair, direktur, SWTD.

“Ini adalah kapal bertenaga diesel Catamaran dengan kapasitas tempat duduk yang nyaman untuk 10 orang. Ini akan memiliki kecepatan 15 mil laut per jam dan oleh karena itu dapat membawa penumpang dengan cepat ke tempat tujuan mereka,” tambahnya.

 

Tidak seperti armada SWTD biasa yang beroperasi pada rute tetap, 'taksi air' hanya akan ditambatkan ke stasiun kapal dan dapat dihubungi di mana saja. Kapal pertama dari empat kapal akan berlayar pada minggu pertama bulan Oktober di daerah pedalaman Alappuzha yang hijau, wilayah utama di peta wisata negara bagian. Lokasi tiga kapal lainnya belum diputuskan.

Kapal tersebut dibangun oleh Navgathi, sebuah perusahaan yang berbasis di Kochi yang memberi India kapal feri tenaga surya pertamanya Aditya yang dinobatkan sebagai kapal listrik terbaik dunia sebagai bagian dari penghargaan Gustave Trouve tahun ini. Aditya diluncurkan pada tahun 2017 di tengah kemeriahan yang ramai di rute Vaikom-Thavanakkadavu yang populer di daerah pedalaman Vembanad di Kerala.

Sandith Thandasherry, pendiri-CEO Navgathi mengatakan Catamaran lebih efisien daripada kapal biasa dari segi bahan bakar. Perahu terbuat dari fiber dengan desain yang efisien dalam upaya mengurangi konsumsi bahan bakar. Dengan kecepatan tinggi, perahu hanya akan membakar 30 liter per jam.  Mereka juga dilengkapi dengan sistem kemudi tenaga listrik canggih serta unit bantu bertenaga panel surya (CIPS), keduanya dikembangkan sendiri oleh divisi penelitian perusahaan.

“Catamaran memiliki dua lambung dengan platform. Model ini meningkatkan keamanan dan stabilitas… dalam hal bahan bakar, mereka (SWTD) lebih menyukai diesel. Ini memiliki mesin tempel diesel kompak. Hanya sedikit perusahaan yang memproduksinya di dunia,” katanya.

“Biasanya, perahu itu bisa dibangun dalam tiga bulan. Tetapi dengan proses persetujuan oleh Daftar Pengiriman India, dibutuhkan sekitar enam bulan. Sekarang sudah lebih lama, karena pandemi."

Advertisement
Berita Terkait
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement