5 Rabiul Awwal 1442

Arab Saudi Sumbang PBB Untuk Perangi Covid-19

Ahad , 20 Sep 2020, 12:40 WIB Reporter :Fuji E Permana/ Redaktur : Muhammad Hafil
Arab Saudi Sumbang PBB Untuk Perangi Covid-19  . Foto: Seorang pria memakai masker saat akan membeli es krim di Saudi Arabia, Ahad (28/6). Kasus COVID-19 di dunia mencatatkan angka tertinggi dalam 24 jam terakhir pada Ahad (28/6),  dengan jumlah lebih dari 10 juta kasus positif dan 500.000 kematian.(AP Photo/Amr Nabil)
Arab Saudi Sumbang PBB Untuk Perangi Covid-19 . Foto: Seorang pria memakai masker saat akan membeli es krim di Saudi Arabia, Ahad (28/6). Kasus COVID-19 di dunia mencatatkan angka tertinggi dalam 24 jam terakhir pada Ahad (28/6), dengan jumlah lebih dari 10 juta kasus positif dan 500.000 kematian.(AP Photo/Amr Nabil)

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Arab Saudi mengatakan pada Jumat lalu bahwa pihaknya menyumbangkan 100 juta dolar kepada Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dana itu untuk sejumlah proyek dalam mendukung rencana Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) memerangi pandemi virus corona atau Covid-19.

 

Baca Juga

Pengumuman tersebut dibuat oleh perwakilan permanen Kerajaan Arab Saudi untuk PBB, Duta Besar Abdallah Al-Mouallimi selama acara virtual dengan Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres. Dilaporkan Saudi Press Agency.

"Rencana respons internasional untuk pandemi Covid-19, WHO dan badan-badan PBB lainnya akan mendapatkan keuntungan dari sumbangan Arab Saudi ini," kata Al-Mouallimi setelah pertemuan tersebut.

Sebelumnya, Al-Mouallimi mengatakan bahwa dukungan ini datang dalam upaya internasional Kerajaan Arab Saudi mendukung usaha memerangi Covid-19. Serta untuk menyampaikan kesadaran akan pentingnya kerja sama, solidaritas, tindakan kolektif dan internasional untuk mendorong transparansi kuat, serta respons global yang terkoordinasi luas.

"Kerajaan (Arab Saudi) sedang menjalankan peran yang telah dipercayakan kepada multilateralisme, tindakan kolektif dan internasional untuk menghadapi pandemi Covid-19," kata Al-Mouallimi, dilansir dari Arab News, Ahad (20/9).

Ia menambahkan bahwa Arab Saudi adalah salah satu negara pertama yang mengulurkan tangan bantuan dan koordinasi dengan negara-negara yang terkena Covid-19. Al-Mouallimi mengatakan bahwa Kerajaan Arab Saudi sedang bekerja untuk memungkinkan PBB memimpin tindakan internasional guna mengintensifkan upaya global untuk memerangi Covid-19. Serta untuk meningkatkan dukungan bagi negara-negara berkembang dan kawasan paling rentan dalam memerangi pandemi ini.

Secara khusus, Al-Mouallimi menyebutkan membantu pengungsi, meningkatkan standar hidup di antara kelompok-kelompok termiskin di dunia, mengembangkan ekonomi yang rapuh, menengahi diakhirinya konflik, dan membangun hubungan yang lebih harmonis antar bangsa.

Guterres berterima kasih kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman atas kemurahan hati dan dukungan berkelanjutan Kerajaan Arab Saudi kepada organisasi tersebut. Ia mengatakan bahwa Arab Saudi bekerja dalam kemitraan dengan PBB untuk mendukung keamanan, stabilitas, dan kemakmuran di semua bagian dunia, terutama di Yaman.

 

widget->kurs();?>