Selasa 22 Sep 2020 08:40 WIB

Arab Saudi Resmi Ajarkan Bahasa Inggris Sejak Kelas 1 SD

Kebijakan pelajaran bahasa Inggris sejak 1 SD mulai berlaku pada tahun ajaran 2021.

Rep: Rizky Surya/ Red: Christiyaningsih
Kebijakan pelajaran bahasa Inggris sejak 1 SD di Arab Saudi mulai berlaku pada tahun ajaran 2021. Ilustrasi.
Foto: Alarabiya
Kebijakan pelajaran bahasa Inggris sejak 1 SD di Arab Saudi mulai berlaku pada tahun ajaran 2021. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Menteri Pendidikan Arab Saudi Hamad bin Mohammed Al-Asheikh mengumumkan materi bahasa Inggris akan diajarkan sejak kelas 1 sekolah dasar. Kebijakan ini mulai berlaku pada tahun ajaran 2021.

Al-Asheikh mengatakan ada lima mata pelajaran baru yang disetujui mulai diajarkan pada tahun depan termasuk fokus pada sains dan matematika. Kemudian materi pendidikan digital akan diberikan mulai pada tahun keempat sekolah.

Baca Juga

"Terdapat sejumlah perubahan tujuannya demi keuntungan siswa untuk nantinya menjadi lebih teredukasi dan berkualitas di tingkat internasional," kata Al-Asheikh dilansir Arab News pada Senin (21/9).

Al-Asheikh menyebut empat mata pelajaran baru akan dikenalkan ke semua sekolah. Sedangkan mata pelajaran baru kelima hanya digunakan di sekolah utama di seantero negeri.

"Tahap pendidikan dasar sangat penting dan kami tak bisa meningkatkan pendidikan tinggi tanpa memperbaiki pendidikan dasar. Ini akan mulai berlaku pada 2021," ujar Al-Asheikh. Ia menyebut ada sejumlah materi yang akan diajarkan tanpa tatap muka sehingga metode pendidikan jarak jauh diperkirakan terus dilakukan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement