Selasa 22 Sep 2020 10:51 WIB

Mengenang Benyamin Sueb: Muka Kampung Rejeki Kota

Google mengenang Benyamin Sueb dengan menjadikannya doodle hari ini.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Karta Raharja Ucu
Google hari ini, Selasa (22/9) menampilkan doodle legenda Betawi, Benyamin Sueb.
Foto: Tangkapan layar
Google hari ini, Selasa (22/9) menampilkan doodle legenda Betawi, Benyamin Sueb.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari ini, Selasa (22/9), Google Doodle merayakan seorang seniman besar dan sosok penting bagi budaya Betawi di Indonesia. Siapa lagi kalau bukan, almarhum Benyamin Sueb. Sosok legendaris serba bisa yang akrab dikenal sebagai ‘Babe’ dengan seribu akal.

Dari banyak celetukan Benyamin, yang paling terngiang adalah "Muka Kampung, Rejeki Kota". Menurut Communication Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan ada banyak hal yang bisa dipelajari dari perjalanan hidup seniman legendaris ini.

“Mari kita terus lanjutkan semangat berkontribusi, juga melestarikan tradisi dan budaya yang berharga untuk generasi yang akan datang,” kata Communication Manager Google Indonesia, Feliciana Wienathan.

Baca Juga: Benyamin Sueb Nongol di Doodle Google Hari Ini

Banyak yang bisa kita pelajari dari perjalanan hidup Babe. Bahkan aktor dan pegiat ilmu bela diri pencak silat, Iko Uwais mengaku sampai sekarang masih sering menonton kembali karya-karya Benyamin. Dan ia masih bisa selalu menemukan hal baru dari tontonannya itu entah lawakannya, celetukannya, atau tingkah lakunya.

“Satu yang paling berkesan adalah bagaimana beliau terus menanamkan nilai hormat, terutama kepada orang tua. Semoga kita semua bisa memahami dan melestarikan budaya kita sendiri, sebagai bentuk penghormatan kita kepada leluhur dan generasi sebelumnya,” ujar Iko Uwais.

Ingin mengenal Benyamin lebih lanjut? Maka bisa menelusuri karya-karyanya melalui Google. Apa saja sih film hasil karya Babe?

Sepanjang hidupnya, Benyamin telah merilis 46 album dan membintangi lebih dari 50 film. Pasti sudah tidak asing lagi dengan karyanya seperti “Si Doel Anak Sekolahan”, tapi apa saja sih film lainnya? Coba tanyakan ke Google. Cari di Google dan streaming langsung film “Si Doel” 1-3 di aplikasi streaming pilihan kita.

Ramaikan juga hari ini dengan lagu-lagu khasnya. Seperti “Malam Minggu”, “Kompor Meleduk”, hingga “Ondel-ondel”, lagu ciptaannya penuh dengan lirik asik dan diiringi dengan melodi khas. Langsung saja meminta Google untuk putarkan lagu-lagunya!

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement