Selasa 22 Sep 2020 22:28 WIB

9 Reruntuhan Romawi Kuno yang Perlu Anda Kunjungi

Kota Romawi Wroxeter Didirikan sekitar tahun 55 M sebagai pos perbatasan.

9 Reruntuhan Romawi Kuno yang Perlu Anda Kunjungi (ilustrasi)
Foto: Piqsels
9 Reruntuhan Romawi Kuno yang Perlu Anda Kunjungi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,LONDON -- Sisa-sisa Inggris Romawi dapat ditemukan di mana-mana, dari tembok yang tersisa di kota di Inggris hingga benteng dan vila di pedesaan. Mengapa tidak menjelajahi daerah bersejarah yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya.

Dilansir dari Heritage Calling, Selasa (22/9), berikut adalah sembilan situs Romawi di Inggris.

1. Kota Romawi Wroxeter , Shrewsbury, Shropshire

Kota Romawi Wroxeter Didirikan sekitar tahun 55 M sebagai pos perbatasan, Kota Romawi Wroxeter diberi nama Romawi 'Viroconium' setelah suku lokal Inggris di Cornovii ditundukkan dan ibu kota mereka dipindahkan dari Wrekin ke Wroxeter.

Pada puncaknya, ini dianggap sebagai pemukiman terbesar ke-4 di Inggris Romawi, dengan populasi lebih dari 15.000. Ini menjadi salah satu situs arkeologi pertama di Inggris yang menjadi objek wisata terbuka untuk umum.

 

2. Kuil Mithras , Carrawburgh, Northumberland

Tembok Hadrian tersebar dengan tempat-tempat menarik, termasuk Kuil Mithras di Benteng Romawi Carrawburgh. Para prajurit membangun Kuil untuk dewa Mithras, sekitar 200 M dan dihancurkan sekitar 350 M. Mithraisme OLEH agama Romawi yang diilhami oleh dewa yang awalnya disembah di Kekaisaran timur. Tiga altar yang ditemukan dipersembahkan oleh komandan unit yang ditempatkan di sini, Kelompok Pertama Batavia dari Rhineland. Kuil ini gratis untuk dikunjungi.

3. Vila Romawi Brading , Pulau Wight

Brading Roman Villa ditemukan pada tahun 1879 dan berasal dari pertengahan abad ke-1. Bangunan di Pegunungan Barat itu terawat dengan baik meskipun dibangun sekitar 300 Masehi. Artefak Romawi yang ditemukan di situs memberi tahu bahwa itu dimiliki oleh pemilik berstatus tinggi.

Jangan lewatkan mozaik menakjubkan yang menampilkan berbagai subjek, yang menyampaikan kekayaan dan pendidikan pemiliknya. Mosaik terbesar menampilkan mitos Medusa, yang sering digunakan dalam seni untuk menangkal kejahatan dan melindungi rumah.

4. Teater Verulamium , St. Albans, Hertfordshire

Verulamium adalah salah satu kota Romawi terbesar di Inggris, dengan banyak hal yang tersisa untuk dijelajahi saat ini. Anda dapat mengunjungi sisa-sisa tembok kota dan kota di Verulamium Park , Hypocaust (sistem pemanas sentral, dibangun sekitar 200 M), dan teater - yang diklaim sebagai contoh unik di Inggris, menjadi teater dengan panggung, bukan tradisi amfiteater Romawi.

Dibangun pada sekitar 140 M, teater awalnya akan digunakan untuk apa saja mulai dari prosesi keagamaan hingga pertunjukan binatang buas. Sekitar 300 M, setelah beberapa pekerjaan pembangunan kembali, itu bisa menampung 2.000 penonton. Jangan lewatkan museum yang penuh dengan harta karun dan mosaik.

5. Kota Romawi Aldborough , Boroughbridge, North Yorkshire

Aldborough adalah 'ibu kota' dari Romanized Brigantes, suku terbesar di Inggris pada saat itu. Setelah Romawi menaklukkan suku Brigantes, benteng di sana diganti dengan kota yang dikenal dengan nama Isurium Brigantum.

Hari ini Anda dapat melihat tembok kota dengan menara pertahanan dan dua trotoar mozaik, yang pernah menjadi bagian dari townhouse Romawi. Museum ini berisi berbagai tembikar dan barang-barang lainnya, memberikan wawasan tentang kehidupan Romawi.

6. Tembok London , Kota London

Tembok London dibangun oleh orang Romawi untuk melindungi apa yang kemudian disebut Londinium, pelabuhan strategis penting mereka di Sungai Thames. Dibangun sekitar 200 M, tembok itu panjangnya sekitar 2,5 mil dan menandai batas kota. Bagian dari tembok tua masih dapat ditemukan di sekitar kota - dari Tower Hill hingga Blackfriars - dan (jika dapat diakses) bebas untuk dilihat.

7. Benteng Romawi Richborough , Kent

Reruntuhan Roman Richborough yang paling menonjol adalah tembok benteng akhir abad ke-3, yang merupakan bagian dari pertahanan melawan perampok laut di sepanjang pantai, yang dikenal sebagai 'Pantai Saxon'. Situs ini terletak di tempat yang dulunya merupakan pulau kecil atau semenanjung, yang memisahkan Pulau Thanet dari daratan Kent.

8. Rumah Kota Romawi , Dorchester, Dorset

Situs ini adalah satu-satunya contoh rumah kota Romawi yang terekspos penuh di negara ini. Dibangun sekitar 307 M, cukup terlambat selama pendudukan Romawi.

Roman Town House terletak di halaman County Hall di Dorchester, di tempat yang dulunya adalah kota Romawi yang dikenal sebagai Durnovaria. Itu ditemukan oleh Drew dan Collingwood Selby dan digali pada tahun 1937-8. The Roman Town House Project saat ini sedang berjalan dan tujuan situs untuk membuka kembali pada akhir September 2020.

9. Benteng Romawi Hardknott , Cumbria

Dibangun antara 120 - 138 M untuk melindungi jalur Harknott, ini adalah reruntuhan benteng Romawi yang dikenal sebagai Mediobogdum. Situs ini mencakup reruntuhan rumah pemandian, lapangan parade dan pengadilan, panjang empat jalan Romawi, area penggalian Romawi dan tiga tugu.

Benteng itu dibatasi oleh Kelompok Keempat Dalmatians, sebuah unit infanteri berkekuatan 500 orang. Itu dievakuasi pada masa pemerintahan Antoninus Pius (138 - 61 M) tetapi diduduki kembali pada suatu waktu selama pertengahan abad ke-2, sebelum akhirnya ditinggalkan pada akhir abad ke-2. Jangan lewatkan pemandangan yang mengesankan - benteng ini memiliki ketinggian 800 kaki dengan pemandangan Sungai Esk yang indah (dan strategis).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement