Rabu 23 Sep 2020 05:35 WIB

Kemenhub Selenggarakan Safety and Healthy Campaign 2020

Kesehatan merupakan salah satu aspek penting dalam mewujudkan keselamatan pelayaran.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyelenggarakan kegiatan Safety and Healthy Campaign 2020 yang dimulai pada hari ini, Rabu 23 September 2020.
Foto: Humas Ditjen Hubla
Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyelenggarakan kegiatan Safety and Healthy Campaign 2020 yang dimulai pada hari ini, Rabu 23 September 2020.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sebagai rangkaian kegiatan di Hari Perhubungan Nasional yang diperingati setiap tanggal 17 September 2020 sekaligus memperingati Hari Maritim Nasional pada tanggal 23 September 2020, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan menyelenggarakan kegiatan Safety and Healthy Campaign 2020 yang dimulai pada hari ini, Rabu 23 September 2020. Safety and Health Campaign ini merupakan bentuk perwujudan kepedulian dan perhatian Direktorat Jenderal Perhubungan Laut akan pentingnya mengutamakan keselamatan serta kesehatan di saat kondisi  pandemi Covid 19 ini.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Laut Capt. Antoni Arif Priadi mengatakan, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut terus memastikan sarana dan prasarana baik di pelabuhan dan juga kapal-kapal yang beroperasi, untuk melakukan desinfektan secara rutin dan melakukan prosedur protokol kesehatan Covid 19 dengan ketat seperti memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak.

Selain itu, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut memastikan agar para petugas yang berjaga juga dilengkapi oleh Alat Pelindung Diri (APD) yang memadai sehingga pelayanan ke masyarakat dapat terus berjalan dengan baik.

Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, kata dia, juga meminta agar masyarakat pengguna jasa transportasi laut dapat mengikuti semua prosedur protokol kesehatan Covid 19 dengan melakukan 3 M (Mencuci Tangan, Memakai Masker dan Menjaga Jarak) agar bersama-sama memutus mata rantai penyebaran Covid 19 serta mendorong memanfaatkan layanan online yang telah dimiliki oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Laut untuk mengurangi interaksi fisik dalam pemberian pelayanan transportasi laut.

"Keselamatan pelayaran merupakan prioritas bagi Direktorat Jenderal Perhubungan Laut, dan kesehatan merupakan salah satu aspek penting dalam mewujudkan keselamatan pelayaran tersebut," kata Antoni dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Rabu (23/9).

Oleh sebab itu, kata dia, Direktorat Jenderal Perhubungan Laut mengajak seluruh elemen masyarakat transportasi laut untuk mendukung pelaksanaan Safety and Healthy Campaign 2020 ini agar keselamatan pelayaran dan aspek kesehatan dapat terus terjaga dengan baik yang pada akhirnya nanti penyebaran Covid 19 bisa terhenti dan dunia menjadi normal kembali untuk kehidupan yang lebih baik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement