Rabu 23 Sep 2020 07:11 WIB

80 Tahun John Lennon, Fan Siapkan Konser 'Dear John'

Konser streaming 'Dear John' akan digelar pada 9 Oktober 2020.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Reiny Dwinanda
Penggemar mengenang musisi John Lennon yang wafat pada 8 Desember 1980.
Foto: EPA
Penggemar mengenang musisi John Lennon yang wafat pada 8 Desember 1980.

REPUBLIKA.CO.ID, LONDON – Meski sudah puluhan tahun meninggal dunia, John Lennon berikut karyanya tetap dikenang dan dicintai oleh para penggemarnya. Untuk mengenang dan merayakan ulang tahun vokalis The Beatles ke-80, para fan akan mempersembahkan konser tribute pada 9 Oktober mendatang.

Konser bertajuk "Dear John" tersebut akan disiarkan langsung dari Hard Rock Hotel di London, Inggris dan bisa diakses secara streaming oleh siapapun. Konser ini juga akan menggalang donasi untuk membantu yayasan nirlaba War Child UK.

Baca Juga

Konser yang akan berlangsung tepat di hari lahir Lennon itu rencananya dimeriahkan oleh deretan musisi kenamaan termasuk KT Tunstall, John Illsley dari Dire Straits, Richard Curtis, Laura Jean Anderson, Blurred Vision, dan masih banyak lagi.

Konser "Dear John" terselenggara atas inisiasi pentolan grup band rock Blurred Vision, Sepp Osley. Band ini merilis lagu dan video musik bertajuk "Dear John" sebagai penghormatan kepada Lennon pada 2015. Pendapatan dari lagu tersebut disumbangkan ke badan amal WhyHunger.

Meskipun konser ini disiarkan secara gratis, penggemar diajak untuk memberikan donasi ke War Child. Untuk informasi detail acara, tautan langsung ke streaming, dan donasi dapat dipelajari lebuh lanjut di laman www.blurredvisionmusic.com.

Seperti dilansir laman Express pada Rabu (23/9), kepergian Lennon dari The Beatles terjadi pasca meninggalnya sang manajer, Brian Epstein. Ketika Epstein meninggal dunia, band ini benar-benar mengalami kekosongan terutama bagi Lennon. Ia merasa sangat terpukul atas kematian itu karena keduanya memiliki hubungan yang dekat.

Perseteruan yang mulai sering terjadi di tubuh band asal Liverpool itu kemudian memantapkan keputusan Lennon untuk meninggalkan band pada tahun 1970 dan mulai bersolo karier. Ketika wawancara dengan pendiri majalah Rolling Stone Jann Wenner pada 1970, Lennon menjelaskan alasan mengapa ia meninggalkan band legendaris tersebut.

"Karena banyak yang harus dilakukan (dengan The Beatles) dari segi bisnis, dan itu tidak akan cocok pada saat itu,” kata penyanyi "Imagine" kala itu.

"Lalu kami mendiskusikan banyak hal di kantor dengan Paul. Dan Paul berkata bahwa kita harus melakukan sesuatu. Saya hanya menjawab: Tidak, tidak, tidak untuk semua yang dia katakan," kata Lennon yang wafat ditembak penggemarnya pada 8 Desember 1980.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement