14 Rabiul Awwal 1442

Makanan Halal di Negeri Paman Sam

Rabu , 23 Sep 2020, 16:51 WIB Reporter :Zainur mahsir Ramadhan/ Redaktur : Esthi Maharani
Ilustrasi Makanan Halal
Ilustrasi Makanan Halal

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —Makanan halal di Amerika Serikat kini sudah bukan lagi menjadi tantangan. Utamanya di Dearborn, kota dengan populasi Arab dan Muslim terbesar di Michigan.

 

Di lokasi itu, makanan halal sangat beragam dan pastinya cocok bagi Muslim. Terlebih, wilayah itu juga semakin populer, setelah banyak pihak, termasuk influencer Instagram Abe Obeid mengulas makanan halal di area Detroit tersebut.

“Saya sering menjadi bagian dari komunitas… acara. Anda melihat saya di masjid, saya ada di mana-mana. Saya biasa keluar tiga-empat kali sehari dan menyebarkan konten, ” katanya mengutip About Islam Rabu (23/9).

Pecinta makanan yang memulai jalannya sebagai influencer sejak 2017 itu mengaku, ada peningkatan tayangan saat ibunya memasak makanan pada Ramadhan 2019 lalu. Dengan 20 ribu pengikutnya, akunnya yang diberi nama Halal Food Junkie kembali mendapat peluang besar di berbagai kota, terlebih saat ramadhan 2020 kemarin, di tengah pandemi Covid-19.

“Selama Ramadhan semua orang duduk di rumah. Anda tidak akan keluar, Anda berpuasa sepanjang hari dan Anda tidak makan sampai jam 9 malam. di malam hari, ” kata alumnus Fordson High School dan Central Michigan University itu.

Unggahannya setiap bulan puasa, ia sebut, selalu dilakukan tepat sebelum buka puasa. Menurut dia, yang menarik dan memancing penonton adalah ketika sang ibu memasak makanan dalam video tersebut.

“Saya melihat tayangan saat itu meningkat seribu, dan semuanya yang online. Dan saya terus melakukannya. " ungkap dia.

Melihat ada peluang dalam media sosialnya, Obeid kini melakukan pekerjaan penuh waktu untuk menampilkan beberapa restoran di lamannya. Dalam aplikasi Halal Food Junkie, dirinya juga menghubungkan pengunjung dan restoran yang menawarkan diskon.

Sebagai pemuda yang masih memiliki mimpi, ia berkeinginan membuka food truck dengan menjual sandwich dan ayam goreng.

Kisah sukses di dunia kuliner halal memang sudah umum di seluruh penjuru dunia. Selain Obeid, November lalu juga ada dua remaja Muslim yang mulai menyediakan makanan lengkap dan halal di Memphis, Tennessee.

Bahkan, di Fredericton Kanada, pasangan Muslim juga sempat meluncurkan bisnis makanan halal Juni 2020 lalu, yang disebut makanan halal Simply Fresh.

 

widget->kurs();?>