10 Rabiul Awwal 1442

Diriyah Authority Meriahkan Hari Nasional Arab Saudi

Kamis , 24 Sep 2020, 08:17 WIB Reporter :Zahrotul Oktaviani/ Redaktur : Muhammad Hafil
Diriyah Authority Meriahkan Hari Nasional Arab Saudi. Foto: Bendera Arab Saudi.
Diriyah Authority Meriahkan Hari Nasional Arab Saudi. Foto: Bendera Arab Saudi.

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Otoritas Pengembangan Gerbang Diriyah (DGDA) memperingati Hari Nasional Saudi ke-90 dengan  menyelenggarakan berbagai kegiatan budaya interaktif, seni, dan sejarah yang dapat dinikmati oleh warga Diriyah, Rabu (23/9).

 

Baca Juga

CEO DGDA, Jerry Inzerillo, bersama stafnya menyampaikan ucapan selamat kepada Raja Salman dan Putra Mahkota Mohammed bin Salman. Selain itu, pihaknya juga menyampaikan selamat kepada keluarga kerajaan dan rakyat Saudi.

"Perayaan Hari Nasional Saudi tahun ini bertepatan dengan KTT G20 kepresidenan Saudi, yang mencakup negara-negara ekonomi paling penting dan kuat di dunia," kata Inzerillo, dilansir di Arab News, Kamis (24/9).

Dia mengatakan, kegiatan tersebut seolah menegaskan peran global utama Kerajaan, dengan potensi ekonomi, sumber daya alam, kemampuan manusia, dan warisan sejarah serta budaya kuno.

Warisan Arab Saudi kaya akan warisan khusus. Hal tersebut sama pentingnya dengan posisi ekonomi, yang memberi Kerajaan posisi terdepan di panggung budaya dunia.

Inzerillo mengatakan, DGDA yakin jika pengembangan Gerbang Diriyah yang bersejarah akan mewakili lompatan besar posisi Kerajaan di peta budaya regional dan internasional.

"Proyek-proyek semacam itu dilakukan melalui pengalaman yang terkumpul, bakat-bakat muda yang khas, aspirasi, dan ambisi yang merangkul tujuan Visi Kerajaan 2030," lanjutnya.

Untuk menandai kesempatan perayaan kali ini, Istana Salwa, yang berada di distrik bersejarah Turaif dan masuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO, didekorasi dengan bendera Kerajaan dan slogan Hari Nasional.

Sebuah film yang diproduksi oleh DJPD untuk Hari Nasional dan diambil gambarnya di distrik Turaif di Diriyah, beredar luas di media sosial. Film itu bercerit tentang sejarah Diriyah dan bagaimana fitur-fiturnya membentuk kemauan, tekad, dan kesadaran Saudi.

Menurut DGDA, orang Saudi belajar kemurahan hati dari pohon palem, ketahanan dari gurun, fisiognomi dari elang, kekuatan dari serigala, ketekunan dari ketabahan batu bata, tekad dari pedang, dan kesabaran dari unta.

Ciri-ciri ini telah menjadi bagian integral dari kepribadian Saudi dan berasal dari Diriyah. Wilayah ini mendapat julukan "Permata Kerajaan," ibu kota pertama negara Saudi dan rumah dari keluarga penguasa.

Film yang memuat banyak informasi sejarah, pertunjukan artistik yang mengesankan, hingga latar suara yang ekspresif, sekaligus menggambarkan lingkungan alam setempat.

Beberapa kegiatan yang diselenggarakan aparat adalah acara hiburan dan budaya bertajuk “Tujuh Distrik Diriyah”.  Tujuh tim ksatria berseragam Saudi Najdi dan berlogo Diriyah mengunjungi tujuh lingkungan tersebut.

Nereka berbicara dengan penduduk dan memberi informasi tentang Hari Nasional, Diriyah, dan sejarah Kerajaan. Setiap tim juga membagikan hadiah kepada orang-orang di lingkungan sekitar.

Guna menaati langkah-langkah pencegahan untuk memerangi pandemi Covid-19, Ditjen Bina Marga mengorganisir transportasi untuk bepergian di jalan-jalan Diriyah guna menyediakan berbagai aktivitas bagi warganya. Transportasi tersebut diarahkan mengunjungi tempat yang berbeda dan berhenti di tiga tempat utama untuk melayani publik.

Kegiatan "Seni Arab" menampilkan beberapa tokoh Saudi terkemuka di segala bidang dan termasuk pertunjukan musik. Acara bertajuk “The Arab Horsemen” ini meliputi pertunjukan tari dan pertunjukan sepeda.

Sebelumnya, DGDA meluncurkan sejumlah skema ekonomi, warisan, serta budaya yang bertujuan menyoroti potensi sejarah kota. Situs warisan, desain arsitektur Najdi, serta lingkungan alam menjadi sorotan utama.

"Ini membantu wilayah melaksanakan proyek-proyek besar untuk memikat lebih dari 25 juta wisatawan dan pengunjung di dalam dan di luar Kerajaan. Mereka bisa menikmati gaya hidup yang luar biasa karena Diriyah mewakili jantung budaya Kerajaan, tujuan wisata dengan gaya hidup baru dan berkembang dan salah satu tempat berkumpul terbesar di dunia," kata Ditjen Pajak dalam sebuah pernyataan. 

 

widget->kurs();?>