Kamis 24 Sep 2020 18:57 WIB

Kalimat Tauhid Istana Kórnik Polandia, Bukti Islam Berjaya 

Islam pernah mengakar kuat di wilayah Polandia era Ottoman.

Islam pernah mengakar kuat di wilayah Polandia era Ottoman.  Istana Kornik, Polandia
Foto: Wikipedia
Islam pernah mengakar kuat di wilayah Polandia era Ottoman. Istana Kornik, Polandia

REPUBLIKA.CO.ID, Pengaruh Islam di Polandia dan Eropa Tengah erat kaitannya dengan kekuasaan Kesultanan Turki Utsmani pada abad ke-14 hingga 17.

Sejarah mencatat, Polandia bukanlah negara invasif, seperti Jerman, Prancis, Inggris, ataupun Rusia. Sebaliknya, Polandia lebih sering menjadi sasaran invasi dan ajang perebutan wilayah oleh negara-negara lain yang lebih superior. 

Baca Juga

Contohnya pada masa Persemakmuran Polandia-Lithuania pada 1569-1795. Pada akhir masa persemakmuran tersebut, yakni pada 1795, Polandia menjadi rebutan sejumlah negara. Turki Utsmani, misalnya, menguasai wilayah selatan, Kekaisaran Rusia menduduki bagian timur, sementara Prusia (Jerman) dan Habsburg (Austria) merebut bagian barat wilayah persemakmuran itu. Hingga pecahnya Perang Dunia I dan II serta era Perang Dingin, Polandia masih saja terpecah belah.

Meski demikian, pertikaian panjang dengan Turki Utsmani inilah yang membuat Polandia bersentuhan dengan Islam. Hingga saat ini pun, jejak kuat persentuhan itu masih bisa disaksikan beberapa bangunan bersejarah di Polandia, salah satunya Istana Kornik. 

 

Istana Kornik adalah bangunan megah yang tampil dengan gaya arsitektur Islam. Istana ini dibangun pada abad ke-14 (1362) di Desa Kornik, wilayah Poznan, Polandia.

Dari sisi arsitektur, istana ini memiliki keunikan dibandingkan istana-istana kuno lainnya di Eropa Tengah. Jika kebanyakan istana di Eropa Tengah tampil dengan gaya gotik, Istana Kornik memiliki ciri arsitektur Islam yang kuat di hampir semuat sudut interior maupun eksteriornya. Namun, sebelum sampai pada bentuknya yang sekarang, istana ini benar-benar bergaya khas Eropa.

Istana yang kini difungsikan sebagai museum itu memiliki sejarah sangat panjang. Kornik yang dipilih sebagai nama untuk bangunan ini berasal dari kata “Gorkow” atau “Gorka” yaitu nama keluarga pemilik pertama istana ini. Mikolai Gorka, demikian nama keluarga tersebut. Pada masa jayanya, Gorka dikenal sebagai Kanselir Dewan Rakyat Poznan.

Pada 1592, istana ini diwariskan kepada seorang aristokrat dari keluarga Dzialynski. Istana ini kemudian direnovasi oleh beberapa generasi setelahnya. Pada 1840, seorang aristokrat bernama Titus Dzialynski merombaknya dengan memberi sentuhan keislaman.

Seorang pemerhati arsitektur Islam di Eropa, Malgorzata De Latour-Abdalla, mengatakan, istana ini sangat terkenal di Polandia karena menggabungkan tiga konsep seni arsitektur Islam yang terkenal. Yakni, konsep Moor atau Islam Mediterania, konsep Masjid Sultan Hassan, Kairo, Mesir, dan konsep arsitektur Taj Mahal di Agra, India.

Konsep arsitektur Moor tampak pada ruang depan istana, sementara gaya arsitektur Masjid Sultan Hassan tergambar pada pintu gerbang menuju ruang dewan istana. Konsep arsitektur Taj Mahal ditampilkan pada bagian dinding istana.

Menurut Abdalla, nyaris tak ada seorang pun yang menyangka bahwa kaligrafi Arab bertuliskan “La Ilaha Illa Allah” tertulis jelas di istana ini, sama seperti di ruang sidang Istana Alhambra di Granada, Spanyol. ''Inisiatif Titus Dzialynski ini menjadi bukti penting mengenai pengaruh Islam di Polandia,'' katanya.

Semasa hidupnya, Titus sangat dihormati di kalangan masyarakat Eropa. Ia dikenal sebagai sosok yang terbuka dan dapat menerima pengaruh-pengaruh Timur atau Islam. Inisiatif Titus untuk merombak gaya arsitektur Istana Kórnik kala itu diilhami oleh kekagumannya pada berbagai karya arsitektur di era kejayaan Islam, mulai dari bangunan-bangunan Islam yang ada di daratan Iberia, Spanyol, hingga di Semenanjung India.

Ketertarikan mendalam Titus terhadap budaya Timur dan Islam membuat banyak kalangan di Eropa saat itu bersikap lebih terbuka dalam hal budaya. Kondisi itu didukung oleh kehadiran Turki Utsmani di Eropa Tengah yang membuat pengaruh Turki dan Islam tersebar luas di Polandia. Pengaruh Turki itu salah satunya bisa dilihat pada cara berbusana para aristokrat atau bangsawan Eropa.

"Kala itu, banyak dari mereka yang mengenakan jubah atau selendang yang jelas terpengaruh dari gaya busana bangsawan Muslim,'' kata Abdalla. Bukti lain mengenai kegandrungan orang Eropa terhadap semua hal yang berbau keislaman, menurut dia, adalah Istana Kornik.

Tak sekadar tampil dengan desain arsitektur Islam, istana ini juga menyimpan banyak peninggalan peradaban Islam. Perpustakaan Istana Kornik memiliki koleksi-koleksi kuno berupa manuskrip hasil karya ilmuwan Islam dari Abad Pertengahan. 

sumber : Harian Republika
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement