Rabu 30 Sep 2020 18:37 WIB

Di Tengah Pandemi Kota Gaziantep Gelar Festival Makanan

Kota Gaziantep Gelar Festival Makanan

Kota Gaziantep di Turki
Foto: Duvarenglish
Kota Gaziantep di Turki

REPUBLIKA.CO.ID, -- Terlepas dari pandemi virus korona yang telah memburuk di Turki dalam beberapa pekan terakhir, kota Gaziantep di tenggara mengadakan festival makanan yang bertajuk GastroAntep tahunan yang ke-3 antara 10-13 September. Berbagai koki bergengsi asalTurki dan asing ikut mendaftar dalam acara yang disiarkan langsung di Youtube.

Kemeriahan itu terbatas dibandingkan dengan festival tahun lalu, dilaporkan secara bombastis dihadiri oleh satu juta orang, termasuk pertunjukan langsung dari beberapa bintang pop terbesar di Turki.

Kali ini, kota Gaziantep sudah menetapkan larangan selama 15 hari pada pertengahan Agustus ini dalam rangka memerangi penyebaran virus. Adanya festival ini jelas membuat beberapa penduduk terkejut bahwa GastroAntep akan berjalan sesuai rencana.

“Saya tidak menyangka mereka akan menyelenggarakan festival ini selama pandemi dan saya sangat terkejut ketika saya melihat poster di kota karena kasus meningkat pesat di Antep. Saya sedikit takut menghadiri festival ini sebagai 'foodie' (penggemar makanan) tahun ini meskipun ada tindakan yang diambil oleh pemerintah dan penyelenggara, "kata Nazlı Avşaroğlu, yang bekerja untuk Organisasi Internasional untuk Migrasi PBB.

 

Gaziantep adalah kota yang hanya berada sekitar 64 kilometer dari perbatasan Suriah. Gaziantep (lebih dikenal sebagai Antep) adalah kota besar berpenduduk 2 juta jiwa, terbesar keenam di Turki. Meskipun membanggakan diri sebagai kota  industri yang ramai dengan pusat bersejarah karena punya pennggalan indah mencakup koleksi indah berpasir, masjid berusia berabad-abad yang telah dirawat dengan baik, Gaziantep paling terkenal dengan masakannya. Kota ini mempunyai gelar bergengsi sebagai ibukota kuliner Turki. .

Upacara pembukaan festival GastroAntep menampilkan sejumlah kursi yang dipisahkan sesuai dengan ukuran jarak sosial, dan pemakaian masker diberlakukan. Itu tidak menghentikan pesta yang menampilkan beberapa makanan daerah yang paling dicintai untuk disajikan.

Pada festival ini ada makanan khas yang lezat. Ini seperti beyran (sup yang panas dengan irisan daging domba dan nasi segar yang dibakar dengan sedikit serpihan paprika merah), nohut dürümü (kacang arab yang direbus lembut dalam kaldu tulang dan disajikan di atas roti pipih segar yang dipanggang dalam oven) ciğer kavurması (hati domba panggang) dan katmer (makanan penutup yang kaya rasa dan keripik yang diisi dengan pistachio dan gumpalan krim).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement