Kamis 01 Oct 2020 09:20 WIB

Bank Dunia Bakal Bantu Pembiayaan Vaksin Corona Rp 178,8 T

Bank Dunia akan memastikan distribusi vaksin secara adil ke negara-negara anggotanya.

Rep: Novita Intan/ Red: Nidia Zuraya
Presiden Bank Dunia David Malpass.
Foto: CNBC.com
Presiden Bank Dunia David Malpass.

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON -- Presiden Bank Dunia David Malpass meminta persetujuan kepada dewan untuk rencana pembiayaan vaksin virus corona senilai 12 miliar dolar AS atau sekitar Rp 178,8 triliun (kurs Rp 14.900 per dolar AS). Langkah ini untuk membantu negara-negara miskin dan berkembang dari dosis vaksin ketika tersedia dalam beberapa bulan mendatang.

Seperti dilansir dari laman Reuters, Kamis (1/10) Malpass mengatakan inisiatif tersebut merupakan bagian dari anggaran 160 miliar dolar AS dalam pembiayaan bantuan virus corona yang dijanjikan oleh pinjaman multilateral. Hal ini bertujuan untuk membantu negara-negara memperoleh dan mendistribusikan vaksin lebih awal untuk perawatan kesehatan dan pekerja penting lainnya serta memperluas produksi global.

Baca Juga

“Diharapkan mempertimbangkan rencana tersebut pada awal Oktober,” seperti dikutip.

Menurutnya persaingan global untuk mendapatkan dosis awal vaksin virus korona sudah sengit, beberapa bulan sebelum persetujuan, karena negara-negara kaya bergerak untuk mengamankan pasokan.

Pemerintah Amerika Serikat telah berjanji lebih dari 3 miliar dolar AS untuk mengamankan ratusan juta dosis vaksin yang sedang dikembangkan oleh AstraZeneca Plc AZN.L Inggris dan oleh raksasa obat AS Pfizer Inc PFE.N dan BioNTech SE 22UAy.F Jerman.

“Tujuan kami adalah mengubah arah pandemi negara-negara berkembang berpenghasilan rendah dan menengah,” kata Malpass.

Malpass mengatakan rencana Bank Dunia bertujuan untuk menempatkan negara-negara miskin dan berpenghasilan menengah, tempat virus menyebar paling cepat, sejajar dengan negara-negara kaya dengan memastikan mereka memiliki pembiayaan untuk mengamankan pasokan dan sistem distribusi, yang akan mendorong pembuat obat untuk memenuhi permintaan mereka.

“Ini adalah sinyal pasar bagi produsen bahwa akan ada pembiayaan yang tersedia untuk negara berkembang dan akan ada permintaan. Kami akan mulai meminta pabrikan untuk mulai membuat alokasi untuk negara-negara ini,” katanya,

Tanpa dosis dini yang dapat mengendalikan wabah, banyak dari negara-negara ini berisiko mengalami keruntuhan ekonomi yang akan mendorong ratusan juta orang kembali ke dalam kemiskinan. Malpass mengatakan Bank Dunia juga meminta negara-negara kaya yang memiliki dosis lebih mencadangkan lebih banyak daripada yang pada akhirnya mereka perlukan untuk melepaskan dosis tersebut ke negara-negara miskin.

Dia menyebut pihaknya sedang berupaya untuk meyakinkan negara-negara bahwa distribusi vaksin yang adil. “Penting bagi dunia dan akan memberikan hasil yang lebih baik bagi dunia,” katanya.

Sementara Wakil Menteri Keuangan Amerika Serikat Brent McIntosh menambahkan negara-negara kaya sedang mengerjakan ketersediaan vaksin secara luas.

“Ada percakapan intens di antara berbagai negara maju untuk memastikan bahwa ada vaksin yang tersedia di negara berkembang dan percakapan itu sedang berlangsung di tingkat tertinggi,” kata McIntosh.

Program Bank Dunia akan mencairkan dana hibah atau pinjaman ke negara-negara, dan akan dapat memilih vaksin apa pun yang memenuhi kriteria keamanan, termasuk persetujuan dari beberapa badan pengatur yang sangat dihormati dan ketat, seperti yang ada di Amerika Serikat, Kanada, Jepang dan beberapa negara Eropa.

Pada Juli Bank Dunia, International Financing Corp telah meluncurkan platform pembiayaan 4 miliar dolar AS untuk meningkatkan investasi dalam produksi vaksin negara berkembang dan produk kesehatan penting lainnya.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement