6 Syawwal 1442

Aplikasi Umroh Eatmarna Hanya untuk Warga Lokal Arab Saudi

Kamis , 01 Oct 2020, 15:24 WIB Reporter :Mabruroh/ Redaktur : Muhammad Fakhruddin
Aplikasi Umroh Eatmarna Hanya untuk Warga Lokal Arab Saudi (ilustrasi)
Aplikasi Umroh Eatmarna Hanya untuk Warga Lokal Arab Saudi (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Arab Saudi telah membuka kembali pelayanan ibadah umroh di masa Pandemi Covid-19. Dengan syarat, jamaah yang ingin melaksanakan umroh harus mendaftar di aplikasi Eatmarna untuk mendapatkan slot dan jadwal umroh.

Menurut Direktur Utama PT Petuna Travel Mekar Jaya atau dikenal Patuna Travel, Syam Refiadi, aplikasi Eatmarna hanya diperuntukkan bagi penduduk lokal Saudi. "Aplikasi ini hanya untuk penduduk lokal saja," kata Syam kepada Republika.co.id, Kamis (1/10).

Syam menuturkan, bahwa warga Saudi yang ingin melakukan umroh harus mendaftar lebih dulu di aplikasi tersebut. Calon jamaah bisa mengunduh aplikasi Eatmarna melalui App Store bagi pengguna IOS dan playstore bagi pengguna Android. "Saat ini merupakan tahap pertama, dengan dibatasi enam ribu jamaah perhari," ujar Syam.

Setelah mengunduh aplikasi kata dia, jamaah diharuskan mengisi biodata dan memilih waktu yang sesuai untuk umroh, atau sholat di Masjidil Haram atau Raudah al-Syarifah. Sebelumnya, kata Syam, calon jamaah juga harus memiliki akun aplikasi "tawakalna" dan bebas Covid-19.

Data jamaah selanjutnya akan diproses dan kemudian mendapatkan izin (tasreh). Setelah itu jamaah akan diminta tiba di salah satu pusat tempat berkumpulnya jamaah umroh di Makkah.

Setelah itu jamaah akan diminta menunjukkan tasreh kepada petugas. Serta untuk melakukan ibadah umroh jamaah diharuskan memakai masker dan mematuhi protokol kesehatan yang telah ditetapkan kerajaan. 

Setelah selesai umroh, jamaah diwajibkan kembali lagi ke pusat perkumpulan jamah umroh. Jamaah juga diizinkan menginap di salah satu hotel di Makkah dengan syarat memiliki tasreh, dan apabila ingin melakukan sholat di Masjidil Haram harus menyesuaikan dengan waktu yang sudah diatur di dalam aplikasi.

 

widget->kurs();?>