Jumat 02 Oct 2020 16:35 WIB

Amalan di Hari Jumat Ini Bisa Menghapus Dosa Orang Tua

Ada amalan di hari Jumat yang bisa menghapus doa orang tua.

Rep: Muhyiddin/ Red: Muhammad Hafil
Amalan di Hari Jumat Ini Bisa Menghapus Dosa Orang Tua. Foto: Ilustrasi ibadah di rumah.
Foto: Edwin Dwi Putranto/Republika
Amalan di Hari Jumat Ini Bisa Menghapus Dosa Orang Tua. Foto: Ilustrasi ibadah di rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Hari Jum'at merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam. Banyak keistimewaan dan amalan sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan pada hari Jum'at, di antaranya adalah dengan banyak berdzikir.

Salah satu amalan dzikir yang bisa menghapus dosa kita dan orang tua kita adalah amalan yang dijelaskan dalam kitab I'anatul at-Thalibin juz 2.

Baca Juga

(فوائد) الأولى: عن ابن عباس - رضي الله عنهما - عن النبي - صلى الله عليه وسلم - أنه قال: من قال بعدما تقضى الجمعة سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيمْ وَبِحَمْدِهِ مائة مرة، غفر الله له مائة ألف ذنب، ولوالديه أربعة وعشرين ألف ذنب.

الثانية: عن سيدي عبد الوهاب الشعراني - نفعنا الله به - أن من واظب على قراءة هذين البيتين في كل يوم جمعة، توفاه الله على الإسلام من غير شك، وهما: إِلَهِيْ لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلاً * * وَلاَ أَقْوَى عَلَى نَارِ الْجَحِيْمِ، فَهَبْ لِيْ تَوْبَةُ وَاغْفِرْ ذُنُوْبِيْ * * فَإِنَّكَ غَافِرُ الذَّنْبِ الْعَظِيْمِ ونقل عن بعضهم أنها تقرأ خمس مرات بعد الجمعة

Teks tersebut berisi tentang beberapa faidah. Pertama, sebagaimana diriwayatkan Ibnu Abbas bahwa Nabi Muhammad bersabda: "Barangsiapa setelah shalat Jum'at membaca سُبْحَانَ اللهِ الْعَظِيمْ وَبِحَمْدِهِ  sebanyak 100 kali, maka dosanya diampuni sebanyak 100 ribu dosa. Dan bagi kedua orang tuanya dosanya diampuni 24 ribu dosa."

Kemudian, sebagaimana dijelaskan oleh Syekh Abdul Wahhab As-Sya'rani, "Sesungguhnya orang yang istiqomah membaca dua bait di bawah ini pada setiap hari Jum'at, ia akan diwafatkan oleh Allah dalam keadaan Islam tanpa diragukan sama sekali. Kedua bait tersebut adalah:

إِلَهِيْ لَسْتُ لِلْفِرْدَوْسِ أَهْلاً * * وَلاَ أَقْوَى عَلَى نَارِ الْجَحِيْمِ

فَهَبْ لِيْ تَوْبَة وَاغْفِرْ ذُنُوْبِيْ * * فَإِنَّكَ غَافِرُ الذَّنْبِ الْعَظِيْمِ

Sebagian ulama berpendapat, bait tersebut dibaca lima kali selepas shalat Jum'at.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement