Jumat 02 Oct 2020 23:21 WIB

Mahasiswa IPB Juara Pertama Karya Tulis Kemendikbud

Pelaku UMKM masih sedikit literasi produk halal dan belum menguasai akuntansi

Kampus IPB University, Bogor.
Foto: ANTARA
Kampus IPB University, Bogor.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA-- Dua mahasiswi IPB University menjadi juara pertama kompetisi karya tulis ilmiah tentang manajemen dan kewirausahaan KBMK Tahun 2020 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Jumat, mahasiswi tersebut adalah Sri Rahayu Ningsih dan Depita Pratiwi Maharani yang dibimbing Dosen IPB University Ranti Wiliasih.

Melalui tulisan, mereka menuangkan ide tentang Training to Global Halal Industry (TGHI) yang merupakan wacana pembinaan menuju industri halal global melalui sarana laman internet. Inovasi tghi.com didorong permasalahan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang terus menurun akibat pandemi COVID-19.

Sri mengatakan salah satu potensi yang dimiliki Indonesia adalah industri halal. Namun, pelaku UMKM dalam negeri masih sedikit literasi mengenai produk halal dan belum memiliki sistem akuntansi yang baik. "Oleh karena itu, tghi.com hadir sebagai salah satu solusi untuk mengembangkan industri halal di Indonesia khususnya bagi UMKM. Telah kita ketahui bahwa Indonesia memiliki potensi besar untuk menjadi pusat halal dunia yang sejalan dengan misi meningkatkan ekonomi syariah di Indonesia," katanya.

Adapun laman tghi.com memiliki tiga tahapan pembinaan yakni edukasi halal industri, tata kelola keuangan (TKU) dan pendampingan pembiayaan sertifikasi halal. Semua pembinaan tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia UMKM dalam memasuki pasar halal global.

Ia mengatakan tghi.com merupakan prototipe. Perlu pengembangan agar dapat bermitra dengan Kementerian Koperasi dan UKM serta Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) untuk mewujudkan tghi.com sehingga bermanfaat untuk membina UMKM menuju pasar halal global di era normal baru.

 

 

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement