Prasasti Al-Shuwaymis, Warisan Seni Dunia di Arab Saudi

Sabtu , 03 Oct 2020, 12:16 WIB Reporter :Imas Damayanti/ Redaktur : Muhammad Hafil
Prasasti Al-Shuwaymis, Warisan Seni Dunia di Arab Saudi
Prasasti Al-Shuwaymis, Warisan Seni Dunia di Arab Saudi

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH -- Seni cadas Al-Shuwaymis yang terletak 250 kilometer tenggara Hail, adalah Situs Warisan Dunia Unesco. Ini adalah museum prasasti batu terbuka terbesar di Jazirah Arab dan salah satu museum sejarah alam terbuka terbesar di dunia.

 

Terkait

Dilansir di Arab News, Sabtu (3/10), situs ini beridir dengan luas lebih dari 50 kilometer persegi. Al-Shuwaymis terletak di tepi Hurrat Annar, dekat Lembah Al-Makhit, yang memisahkan Hurrat Laila dari Hurrat Annar.

Baca Juga

Lokasi itu juga dekat Al-Sabaq, daerah yang menyaksikan pertempuran terpanjang dalam sejarah Arab, "Sa'es dan Al-Ghabra." Sejarah petroglif berasal dari periode Neolitik. Prasasti menampilkan seni yang ditandai dengan gambar manusia, hewan, dan tumbuhan termasuk unta, kuda, kambing, dan pohon palem.

Ada juga patung pria yang menunggang unta, mengacu pada aktivitas karavan perdagangan, dan patung manusia dan hewan seukuran aslinya. Hal ini membuktikan, Arab Saudi juga merupakan negara yang memiliki kearifan budaya serta sejarah yang panjang.

Imas Damayanti

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Persepektif Republika.co.id, Klik di Sini