Ahad 04 Oct 2020 16:22 WIB

Jamaah Umroh yang Diizinkan 6.000 Orang per Hari

Gelombang pertama jamaah umroh tiba pada Ahad dini hari.

Rep: Rossi Handayani/ Red: Muhammad Fakhruddin
Kelompok pertama umat muslim melakukan ibadah umroh dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (3/10).
Foto: REUTERS/Yasser Bakhsh
Kelompok pertama umat muslim melakukan ibadah umroh dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat di Masjidil Haram, Mekah, Arab Saudi, Sabtu (3/10).

REPUBLIKA.CO.ID,MAKKAH -- Otoritas Arab Saudi pada Ahad (4/10) membuka kembali tempat-tempat suci umat Muslim untuk umroh. Warga Saudi dan penduduk asing kerajaan akan diizinkan untuk melakukan umroh di Masjidil Haram dengan kapasitas 30 persen atau 6.000 orang per hari seperti pada Ahad.

Dilansir dari laman Anadolu Agency pada Ahad, ibadah umroh kembali dibuka setelah enam bulan absen karena virus corona.

Kementerian Haji dan Umrah lewat Twitter mengumumkan, gelombang pertama jamaah umroh tiba pada Ahad dini hari. Mereka juga mengikuti protokol kesehatan dari virus corona.

Tanpa memberikan detail lebih lanjut, kementerian membagikan foto para pengunjung yang memasuki Masjidil Haram di Makkah.

Sebelumnya, kantor berita resmi SPA melaporkan bahwa barikade yang ditempatkan di sekitar Ka'bah dan Hajar Aswad akan tetap di tempatnya, dan pengunjung dilarang menyentuhnya sebagai bagian dari tindakan pencegahan pada Covid-19.

Masjid al-Haram, tempat Ka'bah berada, akan didesinfeksi 10 kali sehari. Selain itu, ruang karantina sudah disiapkan untuk pengunjung yang menunjukkan gejala Covid-19.

Pada pekan lalu, Arab Saudi mengumumkan secara bertahap akan mencabut larangan perjalanan terkait virus corona untuk umrah.

SPA menyatakan, jamaah lokal dan internasional yang datang untuk Umrah dan beribadah akan diterima mulai 1 November. Sementara Masjid al-Haram dan Al-Masjid al-Nabawi akan dibuka untuk ibadah dalam kapasitas penuh dengan mengambil langkah-langkah perlindungan Covid-19.

Di samping itu, adanya pandemi membuat haji tahun ini terbatas untuk mereka yang tinggal di Arab Saudi. Sementara jamaah haji dari luar negeri tidak diterima.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement