Selasa 06 Oct 2020 17:41 WIB

The Muppets Bantu Sosialisasi Covid-19 pada Anak di Saudi

The Muppets membantu sosialisasi pencegahan Covid-19 di Arab Saudi pada anak-anak

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Esthi Maharani
Ilustrasi Covid-19
Foto: Pixabay
Ilustrasi Covid-19

REPUBLIKA.CO.ID, RIYADH--Program televisi Ahlan Simsim atau versi bahasa Arab dari program anak-anak Amerika Serikat yang populer The Muppets membantu sosialisasi pencegahan Covid-19 di Arab Saudi. Acara ini mengubah kontennya dengan berfokus pada pengertian dan cara memakai alat-alat untuk mencegah Covid-19.

Beberapa episode terdiri dari tayangan video-call online yang dipentaskan secara nyata. Boneka Muppet dan tamu menemukan cara-cara menyenangkan untuk menghibur diri mereka sendiri saat dikarantina.

“Sehubungan dengan pandemi virus corona, kami merasa sangat penting untuk membuat konten khusus untuk anak-anak yang memang dibutuhkan mereka selama ini,” kata produser eksekutif, Khaled Haddad, Ahad (4/10).

“Banyak anak yang kesulitan mengungkapkan perasaannya.  Ada perasaan takut, ada perasaan cemas, kami akan mengenalkan anak pada perasaan tersebut dan memberi mereka cara untuk menghadapinya, ” tambahnya.

Ahlan Simsim menargetkan anak-anak berusia tiga hingga delapan tahun dalam program tersebut. Dalam dua musim pertamanya, program itu mendapatkan sambutan baik yang diperlihatkan dari total 3,5 juta pemirsa di seluruh Timur Tengah yang menonton.

“Corona virus menjadikan konten ini semakin penting karena ketika anak-anak tidak memiliki akses ke sekolah atau pembelajaran formal, kami dapat menjangkau mereka melalui media, melalui siaran televisi, melalui telepon seluler, melalui WhatsApp,” kata Sherrie Westin,  presiden dampak sosial dan filantropi di Sesame Workshop, organisasi nirlaba di balik pertunjukan.

Westin menambahkan bahwa program ada salah satu program yang dibuat bersama dengan Komite Penyelamatan Internasional untuk memfasilitasi kunjungan dan interaksi dengan anak-anak di kamp pengungsi Suriah, ditangguhkan karena pandemi.

Untuk mengimbanginya, program tersebut telah meningkatkan upayanya untuk mengirimkan konten dari jarak jauh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement